Menu
Leading News For Education For Aceh

FP USK Gelar Seminar Internasional ICATES V, Pertemukan Ahli Pertanian dan Lingkungan dari 8 Negara

  • Bagikan
FP USK Gelar Seminar Internasional ICATES V, Pertemukan Ahli Pertanian dan Lingkungan dari 8 Negara

FP USK Gelar Seminar Internasional ICATES V, Pertemukan Ahli Pertanian dan Lingkungan dari 8 Negara

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Program Studi/Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (USK), kembali menggelar International Conference on Agricultural Technology, Engineering and Environmental Sciences (ICATES), Rabu (20/09) di Kryad Muraya Hotel, Banda Aceh.

Seminar internasional tersebut merupakan kali ke lima diselenggarakan sebagai annual program tahunan.

Menurut Ketua Panitia, Dr. Muhammad Dhafir, ST, M.Si, keikutsertaan ICATES V ini terdiri-dari 8 Negara, yaitu: Indonesia, Malaysia, Jerman, Amerika, Belgia, India, Irak dan Australia.

Terdapat 85 dari 111 makalah hasil penelitian yang dipresentasikan secara paralel oleh para akademisi, mahasiswa dan praktisi di bidang pertanian, teknologi, teknik, dan ilmu lingkungan.

Tampil sebagai Keynote Speakers, Prof. Dr. Bart Nicolai (Belgia), Prof. Dr. Daniel Morlein (Jerman), Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib,. M.Agric (Indonesia), Assoc. Prof. Dr. Ngien Su Kong (Malaysia) dan Prof. Dr. Ichwana, ST., MP (Indonesia). Sesi Keynote Speakers ini dipandu oleh moderator Jack Stevens (USA) dan Dr. Rita Khatir, S.TP., M.Sc (Indonesia)

Acara yang diikuti oleh 1000 partisipan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Sumberdaya dan Keuangan USK, Prof. Dr. Marwan, M.Si dan ditutup oleh Dekan Fakultas Pertanian USK, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc.

ICATES V merupakan forum ilmiah yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pertanian, teknologi, teknik, dan ilmu lingkungan. Seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antar peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang tersebut.

Ketua Jurusan Teknik Pertanian USK, Dr. rer.hort. Indera Sakti Nasution, S.TP., M.Sc, mengatakan bahwa ICATES V merupakan salah satu upaya USK untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang pertanian dan lingkungan.

“ICATES V merupakan kesempatan bagi para akademisi, mahasiswa, dan praktisi untuk bertukar ide dan informasi dalam bidang pertanian dan lingkungan. Seminar ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pertanian dan lingkungan di Indonesia,” tutur Indera.

ICATES V merupakan salah satu kegiatan ilmiah internasional yang diselenggarakan oleh USK pada tahun 2023. Selain ICATES, USK juga akan menggelar International Conference on Agriculture and Bioindustry (ICAGRI) pada bulan Oktober mendatang. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan