Era Digital, Guru SMAN 1 Peulimbang Ikut IHT Evaluasi Digital

0
20

ACEHSIANA.COM, Bireuen – Memasuki era digital yang mempengaruhi hampir semua lini, guru SMAN 1 Peulimbang mengikuti In House Training (IHT). Meski memasuki masa liburan, guru-guru tersebut sangat antusias mengikuti IHT Evaluasi Digital dalam kanal Satu Guru Dua Evaluasi Digital (Sagudelta) Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kegiatan itu bertempat di sekolah tersebut. IHT diselenggarakan mulai tanggal 22-25 Desember 2019 dengan mengambil materi pelatihan Merancang Evaluasi Digital Berbasis Komputer dan Tablet Secara Offline.

Narasumber IHT berasal dari Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia yang juga guru SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur, Khairuddin, MPd.

Dalam pelatihan itu, Khairuddin melatih guru cakap membuat soal berbasis komputer yang nantinya dapat diujiankan melalui komputer dan tablet, baik secara offline maupun online.

Khairuddin mengajak guru peserta pelatihan terutama guru UN untuk dapat melaksanakan Try Out mandiri dengan sistem yang sedang dipelajari.

Program jangka panjang seluruh guru bidang studi di SMA Negeri 1 Peulimbang Bireuen dapat melaksanakan penilaian akhir tahun secara digital. Melalui evaluasi berbasis komputer dan tablet, penilaian lebih mudah dilakukan secara otomatis, praktis dan hemat biaya ujian.

Kepala SMA Negeri 1 Peulimbang, Marzuki SPd, mengungkapkan apresiasi kepada seluruh gurunya yang mengorbankan waktu liburan demi kemajuan pendidikan terutama dalam hal evaluasi.

Menurut Marzuki, SMA ini memperoleh perhatian pemerintah melalui BOS Afirmasi berupa bantuan Tablet.

“Pemanfataan gawai tersebut harus mendukung proses pembelajaran dan memudahkan dalam hal evaluasi. Selain konten rumah belajar, gawai tersebut dapat digunakan untuk ujian semester dan ulangan harian,”tambah Marzuki.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 guru di SMA Negeri 1 Peulimbang berlangsung secara antusias serta komitmen tinggi untuk menerapkan pada semester yang akan datang.

Editor: Fitriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini