4.2 C
Munich
Selasa, November 29, 2022

Dunia Ini Bukan Panggung Sandiwara

Must read

Oleh: Kilawati, Guru SMP Sabang.

 

Manusia terlahir sebagai fitrahnya dengan kesempurnaan akal dan pikiran untuk dapat melihat dan menikmati segala isi alam semesta yang disebut dengan dunia. Keanekaragaman terlihat disana serti sifat, ciri, karakter, agama, suku dan profesi.

Kesemuanya merupakan suatu pilihan yang nantinya akan di wariskan untuk generasi berikutnya. Pilihan- pilihan tersebut tersebut tidak dapat berganti peran antara manusia satu dengan manusia yang lain karena jangkauan dunia yang sangat luas sekali.

Semua diciptakan sesuai dengan porsinya masing- masing. Apabila kebaikan yang kita tanam maka keberkahan yang kita peroleh. Jika keburukan yang kita perbuat maka mala petaka yang melanda. Suatu kesedihan akan menuai air mata. Kegembiraan akan menimbulkan senyum dan tawa yang terpancar dari wajah.

Apabila marah wajah gemas muncul karena tidak senang pada sesuatu. Jika sakit maka akan merasakan rintihan kesakitan. Sikap malas bekerja dan beribadah akan menghasilkan kemiskinan sedangkan gigih dan taat beribadah akan memperoleh kemapanan hidup. Itulah dunia yang berisi suatu kenyataan bahwa setiap perbuatan pasti ada balasan bukan suatu candaan belaka.

Semua tertulis jelas dalam kitabullahNya seperti yang tertulis dalam surat Ad-Dukhan ayat 38 yang artinya,
”Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main.”

Ayat ini bukan lah semerta- semerta ada tanpa tujuan tetapi agar umat manusia taat dan patuh pada perintahNya seperti yang Allah jelaskan dalam surah Adz- Dzariyat ayat 56 yang artinya,
“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Dan apabila kita ingkar padaNya maka azab pedih yang akan kita terima. Hal ini juga tertulis jelas dalam surat Ali Imran ayat 185

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا
مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

Yang artinya :
” Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (Q.S. Ali ‘Imran: 185)

Maka dapat disimpulkan bahwa Dunia ini bukanlah panggung sandiwara tetapi adalah suatu kenyataan bukan lakon suatu cerita dalam drama yang dapat berubah2 skenario cerita. Setiap perbuatan pasti ada balasan bahwa sesungguhnya yang tertulis dalam Al- Qur’an tidak ada keraguan atas segala isinya.

Semoga kita tergolong orang- orang yang di selamatkan oleh Allah dari siksa api neraka di Yaumil Mahsyar kelak. Amin ya rabbal’alamin

Salam Literasi
Tingkatkan Kompetensi Raih Berjuta Prestasi

Sabang, 26 Mei 2022

Kilawati, S.Pd

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article