Menu
Leading News For Education For Aceh

Dua Santriwati Luka-luka dalam Kebakaran Dayah Babul Maghfirah di Aceh Besar

  • Bagikan
Dua Santriwati Luka-luka dalam Kebakaran Dayah Babul Maghfirah di Aceh Besar

ACEHSIANA.COM, Jantho – Sebuah kebakaran hebat melanda Dayah Babul Maghfirah di Cot Keueung, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, pada Kamis (25/1) pagi. Kebakaran tersebut menghanguskan satu blok bangunan yang dijadikan asrama putri dan rumah pimpinan pesantren, Ustad Masrul Aidi.

Dua santriwati mengalami luka-luka akibat kebakaran tersebut dan telah dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat. Kapolsek Kuta Baro Iptu M Jabir mengatakan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

“Kami masih menunggu hasil olah TKP dari tim forensik. Kami belum bisa menyimpulkan apakah kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik, kompor gas, atau faktor lainnya,” ujar M Jabir.

Saksi mata di lokasi kebakaran mengatakan bahwa api pertama kali terlihat dari atap bangunan asrama putri sekitar pukul 09.35 WIB. Api kemudian menjalar ke rumah pimpinan pesantren yang berada di sampingnya.

“Kami langsung berteriak minta tolong dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi api sudah terlalu besar dan cepat menyebar. Kami khawatir ada santriwati yang masih tertidur di dalam kamar,” kata salah seorang saksi mata yang enggan disebutkan namanya.

Delapan mobil pemadam kebakaran dan satu mobil water canon kepolisian segera tiba di lokasi kebakaran setelah mendapat laporan dari warga. Mereka berusaha memadamkan api yang membumbung tinggi dan mengeluarkan asap hitam pekat.

“Kami mengalami kesulitan untuk mendekati lokasi kebakaran karena jalan masuknya sempit dan banyak kendaraan yang parkir di sekitar dayah. Kami juga harus berhati-hati karena ada tabung gas yang bisa meledak kapan saja,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran.

Kebakaran tersebut menghentikan aktivitas belajar mengajar santri dan santriwati di dayah tersebut. Mereka dikumpulkan di lapangan, kompleks pesantren tersebut, untuk dilakukan pendataan dan pengecekan kondisi kesehatan.

Dayah Babul Maghfirah merupakan salah satu dayah modern di Aceh Besar yang memiliki jenjang pendidikan setingkat SMP dan SMA. Dayah tersebut memiliki sekitar 600 santri dan santriwati yang berasal dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh.

Ustad Masrul Aidi, pimpinan dayah tersebut, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan kebakaran. Ia juga meminta doa agar dayah tersebut bisa segera pulih dan melanjutkan kegiatan belajar mengajar.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kami berharap bisa segera membangun kembali bangunan yang rusak dan mengganti peralatan yang hilang. Kami juga berharap ada bantuan dari pemerintah dan masyarakat untuk membantu dayah kami,” pungkas Ustad Masrul Aidi. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a