Menu
Leading News For Education For Aceh

Dosen Pendidikan Matematika USK Gelar Pelatihan AI dan Tren Penelitian Pendidikan untuk Guru di Kota Sabang

  • Bagikan
Pelatihan AI dan Tren Penelitian Pendidikan untuk Guru di Kota Sabang

ACEHSIANA.COM, Sabang – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi, Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan pelatihan berbasis Artificial Intelligence (AI) dan tren penelitian pendidikan.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, pada tanggal 11 dan 12 Juni 2024, di SMA Negeri 2 Sabang, dihadiri oleh para guru dari SMA, SMK, dan MAN se-Kota Madya Sabang.

Pada sesi pertama, Mukhlis Hidayat MKom., memperkenalkan konsep Pembelajaran Digital berbasis AI.

Mukhlis memaparkan bagaimana AI dapat memperkaya pengalaman belajar dengan interaktivitas dan efektivitas yang lebih tinggi.

“Kita memberikan kesempatan pada guru untuk mencoba berbagai aplikasi AI dan mendiskusikan implementasinya dalam pembelajaran kelas.

Dr M Ikhsan MPd, pada sesi kedua, mengajarkan tentang Perancangan Proposal Penelitian Tindakan Kelas.

Ikhsan memandu peserta melalui langkah-langkah penting dalam merancang proposal, mulai dari identifikasi masalah hingga metodologi penelitian, dengan contoh yang praktis dan relevan.

Sesi ketiga, yang dipimpin oleh Dr Usman MPd, fokus pada Penulisan Ide-Ide Penelitian Tindakan Kelas.

Usman memberikan panduan praktis dan menekankan pentingnya originalitas serta relevansi dalam penulisan proposal penelitian.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kompetensi teknologi para pendidik tetapi juga sebagai bagian dari upaya Universitas Syiah Kuala dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Diharapkan, dengan pelatihan ini, guru-guru di Kota Sabang dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah mereka, sehingga menciptakan dampak positif pada kualitas pendidikan di kota tersebut. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan