Menu
Leading News For Education For Aceh

Dosen FKIP USK berkunjung ke Universitas terkemuka di Malaysia untuk Menjalin Kerjasama

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM – Darussalam- Banda Aceh-Dosen FKIP USK mengunjungi universitas terkemuka di Malaysia, yaitu Universiti Sains Malaysia (USM) ranking 137 dan Universiti Malaya (UM) ranking 65 dunia versi QS World University Rankings.

USM juga berada pada ranking 2 dunia untuk topik Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan utama yang dilakukan adalah membahas Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) sebagai implementasi dari MoU dan kuliah umum.

Kunjungan ke USM Penang dilaksanakan pada pada tanggal 23-25 Oktober 2023. Pada hari pertama dilakukan diskusi draf MoA dan IA dan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Japareng Lalung dosen USM sekaligus sebagai ketua RCE (Regional Centres of Expertise) Penang. Dr Jap menjelaskan tentang kegiatan dan produk yang dihasilkan oleh RCE seperti training, modul, serta social media campagne terkait Education for Sustainable Development. Melalui presentasi ini diharapkan tim dari USK mendapatkan contoh penerapan SDGs dalam pendidikan, ujar Assoc Prof. Dr. Muhammad Izzuddin Syakir Ishak sebagai host kegiatan kerjasama.

Syakir juga menambahkan bahwa berdasarkan publikasi di jural internasional, masih terdapat gap penelitian topik SDGs dengan pembelajaran matematika.

Pada hari kedua dilanjutkan diskusi tentang MoA dan IA yang dihadiri oleh dekan dan dosen dari Pusat Pengajian Ilmu Pendidikan atau School of Educational Studies, USM. Kegiatan diawali dengan pengenalan Pusat Pengajian Ilmu Pendidikan (PPIP) atau School of Educational Studies USM. Dr. Nor Asniza Ishak yang mewakili Dekan PPIP, menyampaikan persetujuan untuk melaksanakan kerjasama yaitu dalam bentuk research collaboration, join publication, student exchange, external examiner, join workshop, dan training program dalam bidang pendidikan sains dan matematika serta STEM.

“Kerjasama tersebut akan didiskusikan dengan dekan” kata Dr. Nor Asniza Ishak. Dalam diskusi tersebut Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed., turut menyampaikan bahwa “melalui IA yang merujuk pada MoA kegiatan kerjasama lebih terarah untuk dilaksanakan oleh kedua pihak”. Dr. Anwar dan Dr. Elizar M.Ed(ST) menambahkan kerjasama yang akan dilakukan Program Studi Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) USK dengan PPIP USM yaitu thesis co-supervisor, external thesis examiners, invitation to submit articles to Jurnal Didaktik Matematika (JDM) USK and to APJE scopus index journal of USM, invited lecture USM and MPMAT USK, join online course of microcredential and MOOC USM”.

Selain itu, pada hari kedua juga diadakan kegiatan General Lecture tentang Realistic Mathematics Education (RME) yang disampaikan oleh Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa S1, S2, dan S3 dari PPIP USM. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi penelitian SDGs mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika USK yaitu Nurniqta dan Sri Intan Lina. “Ide penelitian sudah sangat bagus, namun sebaiknya fokus pada satu SDGs saja dan dikaji lebih mendalam serta dikaitkan dengan ESD (Educational Sustainable Development)” pungkas Assoc Prof. Dr. M. I. Syakir Ishak.

Kunjungan hari berikutnya adalah ke UM, Kuala Lumpur pada tanggal 26-27 Oktober 2023. Tim USK menghadiri penutupan the International Conference on Sustainability Education Development (ICSED). Konfrensi ini sangat berguna untuk menambah referensi berkaitan dengan SDGs khususnya aspek 4 yaitu Quality Education, ujar Rahmah Johar. Selanjutnya dilakukan pertemuan dengan Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan Sains, Faculty of Education, Assoc Prof Dr Rose Amnah Abd Rauf. Beliau menyampaikan bahwa UM bersedia bekerjasama dalam bentuk research collaboration, join publication, dan join workshop, untuk bidang sains education, math education dan juga STEM. Agar rencana kerjasama ini lebih jelas, disepakati untuk melaksanakan pertemuan online pada tanggal 8 November 2023, ujar Dr. Wiwit Artika.

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a