Menu
Leading News For Education For Aceh

Disdikbud Banda Aceh Gelar Apresiasi 2023, Guru dan Siswa Berptestasi Diberikan Penghargaan

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. BANDA ACEH – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh menggelar malam apresiasi dalam rangka memberi penghargaan kepada guru dan siswa tingkat PAUD, SD, dan SMP se-Kota Banda Aceh tahun 2023.

Kegiatan dengan tema “Bergerak Bersama Menyongsong Generasi Emas 2045” ini digelar di Gedung Amel Convention Hall, Minggu (17/12/2023) malam.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin bersama istri yang juga Bunda PAUD, Wardiati ikut hadir pada kegiatan ini. Selain itu hadir juga Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Wakil Ketua I DPRK Usman, Pj Sekdakota Wahyudi bersama Ketua DWP Yusriati, SKPK Banda Aceh serta sejumlah pimpinan organisasi pendidikan seperti PGRI, FIKGA dan KoBAR-GB Aceh.

“Saya ucapkan selamat kepada para guru dan siswa yang telah meraih prestasi di tahun 2023 ini, baik tingkat daerah, nasional maupun internasional,” kata Amiruddin.

Kepada para guru dan siswa yang berprestasi tersebut, Pj Wali Kota bersama istri, Sekda dan Ketua DWP ikut menyerahkan hadiah berupa piagan penghargaan dan uang sebagai bentuk apresiasi dari pemko.

Amiruddin mengatakan, prestasi yang telah diraih tersebut merupakan buah kerjasama yang solid dari seluruh stakeholder di Banda Aceh.

Ia berharap, prestasi itu dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.

Lebih lanjut katanya, melihat data pertumbuhan satuan pendidikan di Banda Aceh yang mencakup PAUD, SD, SMP, PKBM dan SPNF serta jumlah guru yang terlibat dalam proses pembelajaran menjadikan dirinya semakin yakin, bahwa pendidikan menjadi investasi berharga untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Amiruddin menyebutkan, dari 194 PAUD, 95 SD, 36 SMP, 7 PKBM dan 1 SPNF yang ada di Banda Aceh melibatkan banyak guru-guru hebat dari berbagai latar belakang disiplin ilmu.

“Saat ini total ada 881 guru PAUD, 1380 guru jenjang SD, 806 guru SMP, 52 guru di PKBM dan 18 guru di SPNF adalah cerminan dari semangat kolaboratif antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam mendukung dunia pendidikan,” ungkap Amiruddin.

Selain itu, tak lupa ia menyampaikan peran guru berada di garda depan majunya sektor pendidikan di Banda Aceh.

“Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh guru, karenanya SDM guru harus selalu didorong dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” lanjutnya.

Dikatakannya juga, melakukan sinkronisasi sebaik mungkin dengan program-program Kemendikbudristek untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar menjadi salah satu yang harus dijalankan demi terus meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di Banda Aceh.

Tak lupa, dalam kesempatan itu, ia juga mengapresiasi drumband binaan Disdikbud Kota Banda Aceh yang berhasil meraih juara II di kompetisi drumband internasional bertajuk “Wolrd Band Competition” yang diselenggarakan di Malaysia.

Pj. Walikota Banda Aceh, Amiruddin, saat memberi penghargaan kepada salah satu peserta pemenang.

Menurut Pj Wali Kota, raihan prestasi tersebut sangat membanggakan daerah dan tentunya pencapaian yang didapatkan para siswa tak lepas dari peran para guru yang terus memberikan bimbingan.

Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri dalam laporannya menyampaikan, kegiatan malam apresiasi diselenggarakan untuk memberi sedikit perhatian lebih kepada guru-guru, maupun siswa yang telah mengharumkan nama Kota Banda Aceh dalam bidang pendidikan di tingkat deerah, nasional dan internasional.

“Malam apresiasi Disdikbud Kota Banda Aceh tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga diselenggarakan,” ujar Sulaiman.

Jumlah guru dan siswa berprestasi yang diberikan penghargaan mencapai puluhan orang.

“Mereka berhasil meraih juara di berbagai kompetisi, baik level daerah, provinsi, nasional dan internasional,” imbuhnya.

Sulaiman menambahkan, guru dan siswa yang berprestasi itu tersebar di berbagai bidang, seperti olimpiade nasional, olahraga nasional, pembuatan vidio pembelajaran, Tahfizh Qur’an dan guru inspiratif. (*)

  • Bagikan