Menu
Leading News For Education For Aceh

Disdik Aceh Gelar Try Out Generasi Gemilang Bagi 33 Ribu Siswa se-Aceh

  • Bagikan
Disdik Aceh Gelar Try Out Generasi Gemilang Bagi 33 Ribu Siswa se-Aceh
Siswa SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh ikut try out generasi gemilang menggunakan laptop dan Android

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan Aceh bekerja sama dengan dua lembaga bimbingan belajar menggelar Try Out Generasi Gemilang bagi 33 ribu siswa kelas XII SMA/SMK se-Aceh. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan seleksi sekolah kedinasan.

Try Out Generasi Gemilang dilaksanakan secara daring selama tiga hari, yaitu dari 5 hingga 7 Februari 2024. Siswa yang mengikuti try out ini berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Pelaksanaan try out dibagi dalam tiga sesi per hari, dengan kapasitas penyelenggara sebanyak 11 ribu user setiap hari. Setiap kabupaten/kota memiliki jadwal pada sesi tertentu.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Alhudri, MM melalui Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si mengatakan, try out ini tidak dipungut biaya dari siswa. Ia menilai bahwa siswa perlu dibantu sejak awal untuk menentukan minat dan pilihan mereka dalam melanjutkan ke perguruan tinggi negeri atau sekolah kedinasan.

“Kami melihat bahwa siswa di Aceh sangat antusias untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Namun, tidak semua orang beruntung melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), sebagian besar justru harus berjuang melalui jalur SNBT. Oleh karena itu, kami hadir membantu siswa menentukan pilihan untuk kemudian diikhtiarkan melalui belajar yang lebih intensif,” ujar Muksalmina, Senin (5/2).

Muksalmina menambahkan, try out ini menggunakan aplikasi karya guru inti Aceh yang sebelumnya sudah dibekali dengan simulasi. Jawaban siswa nantinya akan masuk ke email masing-masing siswa sehingga siswa dapat mengonfirmasi jawaban untuk memperoleh pembahasan pada guru di sekolah. Selain itu, akan dijadwalkan kembali beberapa try out lanjutan untuk menguatkan pengetahuan siswa.

Sementara itu, Martunis, Direktur Bimbel Fajar Harapan Nusantara menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan try out, siswa yang berprestasi akan mendapatkan bimbingan gratis dari lembaganya.

“Siswa yang memperoleh rangking 1 sampai 3 setiap kabupaten/kota akan diberikan bimbingan belajar gratis di Fajar Harapan Nusantara, sementara rangking 6 sampai 10 akan memperoleh hadiah menarik lainnya,” katanya.

Martunis berharap, try out ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan dan kesiapan mereka dalam menghadapi SNBT dan seleksi sekolah kedinasan. Ia juga mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Dinas Pendidikan Aceh dan lembaga bimbingan belajar dalam menyelenggarakan try out ini.

“Kami berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Aceh yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Kami berharap, try out ini dapat memberikan manfaat bagi siswa dan guru, serta dapat meningkatkan prestasi siswa di tingkat nasional,” pungkas Martunis. (*)

Kontributor: Irwan

Editor: Darmawan

  • Bagikan