Menu
Leading News For Education For Aceh

Diagnosis RHK Guru dan Supervisi Kelas

  • Bagikan

Penulis: Hasan Basri,S.Pd, M.M

Kepala SMAN 1 Simpang Mamplam

Kurikulum Merdeka dan Program Merdeka Mengajar (PMM) merupakan dua kebijakan pendidikan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2022. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah dalam mengelola pendidikan, serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Sebagai kepala sekolah yang notabanenya adalah guru juga sudah seharusnya memahami ,mengerti serta membimbing guru dalam membuat
Rencana Hasil Kerja (RHK) yang merupakan dokumen penting menjadi acuan dalam penilaian kinerja guru. RHK yang disusun dengan baik akan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kualitas kinerjanya.
RHK yang di susun oleh guru adalah per semister. Itu dilakukan di awal semester sesuai dengan jadwal yang di berikan oleh PMM.

Setelah guru mengajukan Rencana Hasil kerjanya ( RHK) kepada kepala sekolah, dan kepala sekolah melakukan diagnosis terhadap RHK yang di ajukan guru bersama tim yang di bentuk oleh kepala sekolah sehingga memberikan kemudahan bagi pimpinan untuk melakukan pertimbangan terhadap yang di ajukan oleh guru.
Sebelum RHK di buat oleh guru tentunya sekolah senyogianya memfasilitasi guru – guru dengan pengetahuan semacan bintek atau worshop.
Setelah Rencana Hasil kerja guru di setujui/ di sepakati oleh kepala sekolah maka guru tersebut ikut juga menyepakati di RHK nya masing – masinh sehingga bisa melanjutkan kepada pengisia E.kinerjanya sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, bagi guru yang terdapat item yang musti di verifikasi ulang RHK berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh kepala sekola.
Tanggal 1 Februari 2024 guru sudah bisa mengisi e-kinerja sebagai acuan proses pembelajaran yang di lakukan di kelas, tanggal supervisi juga guru yang menuntukan sendiri di ekinerjanya, ini memberikan kemudahan bagi kepala sekolah untuk mensupervisi guru guru dan supervisi kelas akan di lakukan berdasarkan permintaan guru sendiri sehingga kepala sekolah membentuk tim supervisi di dalam ada wakil dan guru guru senior yang di berikan mandat oleh kepala sekolah.

Supervisi kelas merupakan
proses pemantauan dan penilaian terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran. Supervisi kelas yang dilakukan secara efektif akan memberikan umpan balik yang signifikan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Dalam diagnosis RHK guru dan supervisi kelas dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa indikator berikut:

*Indikator RHK Guru

Keterkaitan RHK dengan tujuan pembelajaran:
RHK harus disusun dengan memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kejelasan target dan indikator kinerja:
Target dan indikator kinerja dalam RHK harus jelas dan dapat diukur.

Realisme target dan indikator kinerja:
Target dan indikator kinerja dalam RHK harus realistis dan dapat dicapai.

Ketersediaan sumber daya:
RHK harus mempertimbangkan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai target dan indikator kinerja.

Kesesuaian dengan kondisi sekolah:
RHK harus disesuaikan dengan kondisi sekolah, seperti kondisi siswa, tenaga pendidik, dan sarana prasarana.

Indikator Supervisi Kelas

Keterkaitan supervisi kelas dengan tujuan pembelajaran:
Supervisi kelas harus dilakukan dengan memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kesesuaian supervisi kelas dengan RHK guru:
Supervisi kelas harus didasarkan pada RHK guru yang telah disusun.

Efektivitas supervisi kelas:
Supervisi kelas harus dilakukan secara efektif sehingga dapat memberikan umpan balik yang berharga bagi guru.

Keterbukaan dan partisipatif:
Supervisi kelas harus dilakukan secara terbuka dan partisipatif sehingga guru dapat memberikan tanggapan atas umpan balik yang diberikan.

Konsisten:
Supervisi kelas harus dilakukan secara konsisten sehingga dapat memberikan umpan balik yang berkelanjutan.

Diagnosis RHK guru dan supervisi kelas dapat dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, atau tim penilai kinerja guru. Diagnosis ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa RHK guru disusun dengan baik dan supervisi kelas dilakukan secara efektif.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan diagnosis RHK guru dan supervisi kelas:

Lakukan analisis RHK guru dan supervisi kelas secara menyeluruh Perhatikan semua indikator yang telah disebutkan sebelumnya.

Gunakan instrumen penilaian yang sesuai. Instrumen penilaian dapat berupa lembar observasi, kuesioner, atau wawancara.

Lakukan triangulasi data.
Gunakan data dari berbagai sumber, seperti RHK guru, hasil supervisi kelas, dan umpan balik dari siswa dan orang tua.

Hasil diagnosis RHK guru dan supervisi kelas dapat digunakan untuk memberikan umpan balik bagi guru dan kepala sekolah. Umpan balik ini dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas RHK dan supervisi kelasnya.
Simpang Mamplam, 25.01.2024

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a