Menu
Leading News For Education For Aceh

Deputi BRIN Agus Haryono Kunjungi PT. Biona -ARC USK

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM – Darussalam – Plt. Deputi Fasilitasi Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. Agus Haryono berkunjung ke PT. Biona Ceudah Rupa di ARC-PUIPT Nilam Universitas Syiah Kuala (USK), Jum’at 27 Januari 2023.

PT. Biona Ceudah Rupa (PT. BCR) merupakan start up bisnis binaan BRIN melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR). PT. BCR melakukan komersialisasi dari produk hasil riset ARC-USK yaitu serum antiaging dari bahan aktif minyak nilam fraksi ringan.

CEO PT. BCR Adinda Gusti Vonna menyampaikan bahwa kunjungan Deputi BRIN ini untuk melihat perkembangan PT. BCR pasca penerimaan insentif program PPBR 2022. PT. BCR telah melakukan berbagai capaian dalam pengembangan produk serum antiaging dari minyak nilam.

Pada 2022 lalu PT. BCR terpilih untuk mengikuti Inari Expo di Cibinong Jawa Barat yang merupakan expo inovasi riset terbesar di Indonesia. Selain itu PT. BCR juga dipercaya untuk mewakili Indonesia dalam ajang China ASEAN Innovation and Entrepreneurship Competition 2022 di Singapura. Lebih lanjut PT. BCR juga mengikuti ASEAN India Grassroot Innovation Forum 2022 di Kamboja. Banyak lagi ajang inovasi lainnya yang telah diikuti oleh PT. BCR dalam skala regional dan nasional.

“Tahun ini Biona akan dikembangkan dengan penambahan 3 produk baru yaitu facial wash, toner dan moisturizer sehingga akan lengkap sebagai paket skincare. Semuanya menggunakan minyak nilam Aceh yang telah dipurifikasi secara molecular distillation” jelas Dinda.

“Sampai saat ini kami masih maklon di rumah produksi ARC-USK yang dikelola oleh Koperasi Inovac. Semoga dengan dukungan BRIN kami bisa membangun rumah produksi sendiri yang juga tersertifikasi BPOM” lanjut Dinda yang juga merupakan master lulusan Agribisnis USK ini.

“PT. BCR merupakan perusahaan kosmetika berbasis riset pertama yang ada di Aceh. Semoga kita bisa berkontribusi bagi peningkatan penyerapan tenaga kerja, membantu petani melalui pembelian minyak nilam rakyat dan tentunya ingin berkontribusi bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Aceh” tutup Dinda.

Sementara itu Plt. Deputi Fasilitasi Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. Agus Haryono, menunjukkan apresiasinya yang tinggi terhadap capaian PT. BCR. Dalam usia yang muda PT. BCR sdh memiliki capaian skala nasional dan internasional.

“Ini luar biasa. Biona bisa mencapai prestasi nasional dan internasional dalam waktu singkat. Semoga tahun ini pendapatan Biona meningkat 10x lipat” ujar Agus optimis.

“BRIN akan terus mendukung Biona dengan berbagai program. Ditengah derasnya produk kosmetika dari luar seperti Korea, kehadiran Biona menjadi harapan untuk kemandirian industri kosmetika nasional” lanjut Agus.

“Apalagi Biona didukung oleh riset yang sangat bagus dari ARC-USK” pungkas Agus yang juga merupakan Profesor Riset BRIN lulusan Scuba University Jepang ini.

Dalam kunjungan ke USK Agus Haryono juga mendengarkan presentasi dari penerima Insentif Riset Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) dan PPBR dari USK. Selain Presentasi PT. BCR oleh Dinda, juga ada presentasi dari Prof. Humam Hamid terkait Rantai Pasok Beras Aceh, Dr. Binawati terkait penelitian nilam sebagai antivirus dan anti kanker, presentasi Dr. Khairan tentang komponen aktif minyak pala Aceh sebagai antioksidan dan Dr. Syaifullah Muhammad tentang antiaging dari komponen aktif minyak nilam.

  • Bagikan