4.7 C
Munich
Selasa, November 29, 2022

Buku Karya Siswa SMAN 1 Muara Batu Dilaunching

Must read

ACEHSIANA.COM, Aceh Utara – Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA melaunching  buku karya siswa SMA Negeri 1 Muara Batu, Aceh Utara. Buku tersebut merupakan buku yang lahir dalam program Satu Kelas Satu Buku (Sakesaku). Program Sakesaku merupakan program Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Utara. Prosesi launching berlangsung di halaman SMAN 1 Muara Batu pada Selasa (29/10).

Kepala Dinas Pendiidkan Aceh, Rachmat Fitri dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menggerakkan literasi. Rachmat Fitri menambahkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan terutama layanan yang berbasis literasi. Hal itu dilakukan, kata Rachmat Fitri dalam rangka membangun kualitas generasi Aceh serta kualitas pendidikan Aceh yang lebih baik.

“Program internasional yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, Programme for International Student Assesment (PISA) bertujuan untuk memonitor literasi membaca, kemampuan matematika, dan kemampuan sains yang diperuntukkan siswa berusia 15 tahun dengan maksud mengevaluasi dan meningkatkan metode pendidikan di suatu Negara,” terang mantan Wakil Bupati Aceh Barat itu.

Pada kesempatan tersebut, Kadisdik Aceh juga mengucapkan selamat kepada para siswa SMAN 1 Muara Batu yang telah berhasil menerbitkan karya buku. Rachmat Fitri meminta agar kesuksesan siswa SMAN 1 Muara Batu tersebut diikuti oleh sekolah lain di Aceh.

“Sengaja saya mengajak para Kepala Cabang Dinas Pendidikan se-Aceh agar kesuksesan ini dapat diterapkan di wilayah kerja masing-masing. Terimakasih saya ucapkan kepada IGI yang telah berkontribusi mendukung program literasi salah satunya menggagas program SAKESAKU ini. Saya berharap program ini tidak hanya produktif di SMAN 1 Muara Batu saja namun dapat menjadi contoh dan diterapkan di sekolah-sekolah lain,” pungkas Rachmat Fitri.

Sebelumnya Kepala SMAN 1 Muara Batu, Fauzah S.Pd melaporkan bahwa para siswa sekolah tersebut sudah berhasil menulis 5 judul buku pada tahun 2018. Menurut Fauzah, terdapat juga guru yang menulis buku atas nama Siti Aminah, S.Pd pada tahun yang sama tetapi belum dilaunching. Lebih lanjut Fauzah menjelaskan bahwa kesemua buku tersebut akan dilaunching oleh Kadisdik Aceh, Rachmat Fitri. (*)

Kontributor: Afrizal

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article