1.3 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Banjir Aceh Utara, DRB Pusdatin Kemdikbud Salurkan Bantuan

Must read

ACEHSIANA.COM, Lhoksukon – Banjir besar yang melanda beberapa kecamatan di Aceh Utara, menimbulkan empati dari Duta Rumah Belajar (DRB) Pusdatin Kemdikbud. Para DRB tersebut menyalurkan bantuan untuk meringankan beban korban banjir di Aceh Utara. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan pada Selasa (8/12) di Lhoksukon.

Koordinator lapangan yang juga DRB Aceh tahun 2020, Fahrul Rozi, menjelaskan bahwa musibah banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Utara akibat curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan meluapnya beberapa sungai. Hal ini, tambah Fahrul, mendorong Duta Rumah Belajar Pusdatin Kemdikbud untuk mengumpulkan donasi dari para DRB Seluruh Indonesia. Hasil donasi ini disalurkan untuk bantuan masa panik kepada para pengungsi korban banjir berupa kebutuhan bahan makanan pokok

“Bantuan konsumsi masa darurat bencana banjir kita salurkan ke dua kecamatan yang paling parah mengalami banjir yaitu Kecamatan Matangkuli dan Kecamatan Lhoksukon. Distribusi bantuan tersebut berupa 60 paket sembako terdiri dari beras isi 5 kilogram, 20 bungkus mie instan, Telur 15 butir, air mineral, roti tawar, susu kaleng dan minyak goreng isi 1 liter,” ujar Fahrul.

Dikatakan Fahrul bahwa bantuan tersebut diserahkan langsung ke posko-posko banjir di desa-desa dalam kecamatan tersebut. Jumlah bantuan yang diserahkan, lanjut Fahrul, tergantung banyaknya jumlah pengungsi di desa  tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan DRB dan SRB Aceh.

“Bantuan ini merupakan bukti kepedulian kami Duta Rumah Belajar Seluruh Aceh terhadap masyarakat dan guru-guru di daerah yang terdampak musibah. Bantuan masa panik ini kita serahkan di saat masyarakat sangat membutuhkan bantuan konsumsi karena terpaksa harus mengungsi ke lokasi pengungsian,” terang Fahrul.

Pengelola Panti Asuhan Muhammadiyah Lhoksukon, Rizki Aulia melalui sambungan telpon seluler mengucapkan terimakasih kepada Sahabat DRB Pusdatin Kemdikbud atas bantuan yang telah diantarkan melalui DRB Aceh.

Rizki menilai bahwa bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang menjadi korban bencana banjir akibat intensitas curah hujan  yang tinggi sejak beberapa hari terakhir.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Sahabat DRB Pusdatin Kemdikbud Seluruh Indonesia. Ini adalah bantuan pertama yang kami terima untuk anak-anak di panti asuhan Muhammadiyah Lhoksukon. Semoga adik-adik di panti Asuhan bisa terbantu dalam beberapa hari ini,” tutup Rizki. (*)

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article