1 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Bangkitkan UMKM, Wakil Walikota Serahkan Alat Produksi Pengolahan Ikan

Must read

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe-Berkomitmen dalam membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Wakil Walikota Lhokseumawe, H Yusuf Muhammad SE MSM menyerahkan alat produksi perikanan kepada pelaku UMKM dan industri rumahan di Kota Lhokseumawe. Penyerahan alat tersebut dilakukan pada Selasa (6/1) di Lhokseumawe.
Penyerahan secara simbolis berlangsung secara sederhana dengan tetap mengedepankan prokes covid-19.

Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad menjelaskan bahwa Lhokseumawe dikelilingi oleh lautan. Hal ini, lanjut Yusuf, merupakan rahmad dari Allah SWT .

“Tinggal bagaimana kita bersama yaitu Pemerintah serta pelaku UMKM dan Home Industri mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk menggarap sektor perikanan sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Perikanan,” ujar Yusuf yang akrab disapa Tgk. Haji Usop ini.

Dikatakan Yusuf bahwa jika kita bayangkan harga ikan tuna di Lhokseumawe berkisar 25.000 s/d 30.000 rupiah per kilo, tetapi ketika sampai di medan bisa berkisar 70.000 s/d 90.000 ribu per kilo. Hal ini, tambah Yusuf, merupakan pekerjaan rumah kita bersama ketika ikan tuna hasil alam mampu dijual dalam bentuk sudah siap diolah, pasti akan 2 kali lipat harganya yang kita dapatkan. Nah itu baru satu item saja belum lagi hasil laut lainnya lagi.

“Saya berharap kepada UMKM & Home Industri dengan adanya bantuan peralatan pengolahan hasil perikanan tersebut mampu meningkatkan rkonomi dari sektor Kelautan dan Perikanan, ” tutur Yusuf.
Lebih lanjut Yusuf menuturkan bahwa pengembangan sektor kelautan dan perikanan adalah program jangka panjang dirinya dan Walikota saat pertama kali maju menjadi kepala pemerintahan Kota Lhokseumawe beberapa tahun yg lalu.

“Kepada para penerima saya berpesan agar menjaga barang tersebut dan jangan dijual karena akan bermasalah dengan hukum. Kepada umkm yang sudah mendapatkan bantuan tahun ini maka tahun depan tidak mendapatkan lagi karena akan diberi kepada umkm dan home industri yang lain agar ada pemerataan,” pungkas Yusuf.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kadis DKPP Kota Lhokseumawe M.Rizal dan jajaran, Humas Pemkot Lhokseumawe, Wartawan dan para penerima bantuan. (*)

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article