Menu
Leading News For Education For Aceh

AS Tetap Dukung Israel Meski Ditolak Tawaran Gencatan Senjata

  • Bagikan
AS Tetap Dukung Israel Meski Ditolak Tawaran Gencatan Senjata
Asap mengepul di atas Khan Younis di selatan Jalur Gaza saat bombarder Israel

ACEHSIANA.COM – Amerika Serikat (AS) menyatakan dukungannya terhadap Israel tetap “teguh” meski ditolak oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam usaha mencapai gencatan senjata dengan Hamas di Gaza. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam konferensi pers, Kamis (18/1).

Psaki mengatakan, Presiden AS Joe Biden telah berbicara dengan Netanyahu dan menekankan bahwa AS mendukung “solusi dua negara” yang mengakui hak Israel dan Palestina untuk hidup berdampingan dalam damai dan keamanan. Biden juga menawarkan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kembali untuk Gaza yang hancur akibat perang.

“Presiden Biden mengulangi komitmennya untuk memperkuat kemitraan dengan Israel dan menggarisbawahi dukungan AS yang teguh terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri,” kata Psaki.

Namun, Netanyahu menolak tawaran Biden dan menegaskan bahwa Israel akan terus melakukan operasi militer di Gaza hingga mencapai tujuannya. Netanyahu juga menolak rencana AS untuk membuka kembali kantor perwakilan Palestina di Washington dan konsulat AS di Yerusalem.

“Israel tidak akan menerima tekanan dari negara-negara asing untuk menghentikan operasi kami di Gaza. Kami akan terus melindungi warga kami dari terorisme Hamas. Kami juga tidak akan mengakui negara Palestina yang akan menjadi ancaman bagi keamanan kami,” kata Netanyahu.

Perang antara Israel dan Hamas di Gaza telah berlangsung selama lebih dari tiga bulan dan menewaskan lebih dari 25.000 orang, sebagian besar warga sipil Palestina. Israel mengklaim telah menghancurkan ratusan terowongan, situs peluncuran roket, dan markas Hamas di Gaza. Hamas mengklaim telah menembakkan ribuan roket ke wilayah Israel dan menimbulkan kerusakan besar. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan