-2.4 C
Munich
Minggu, November 27, 2022

Apresiasi Finalis OPSI, Wakil Walikota Lhokseumawe Undang Tim OPSI SMPN Arun

Must read

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad SE MSM mengapresiasi Finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2019 dengan mengundang Tim OPSI SMPN Arun Lhokseumawe. Mereka diundang ke ruang Wakil Walikota untuk diberi motivasi agar meraih medali emas pada ajang OPSI. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (20/11).

Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad SE MSM meminta kepada duta Aceh dari SMPN Arun tersebut untuk menampilkan yang terbaik saat mengikuti lomba nanti. Menurut Yusuf Muhammad, Pemerintah Kota Lhokseumawe sangat mendukung duta Aceh tersebut untuk mengharumkan nama Lhokseumawe dan Aceh di tingkat nasional.

“Saya meminta setiap sekolah jenjang SMP di Lhokseumawe agar membina siswanya seperti yang dilakukan SMPN Arun. Dengan demikian akan lebih banyak lagi siswa kita yang ikut ajang OPSI. Ajang OPSI sangat bagus untuk menumbuhkan jiwa meneliti di kalangan siswa kita,” harap Yusuf Muhammad.
Lebih lanjut Yusuf Muhammad menambahkan bahwa ajang OPSI dapat dijadikan sebagai landasan untuk menggali lebih banyak lagi potensi yang dimiliki Kota Lhokseumawe. Yusuf Muhammad juga mengharapkan agar penelitian yang dilakukan siswa melalui OPSI mampu menguatkan budaya dan sejarah Lhokseumawe agar tidak pudar dan bahkan hilang.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhoksuemawe, Jon Darmawan MPd yang memfasilitasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa OPSI seharusnya menjadi ekstrakurikuler yang harus ada di setiap sekolah. Dikatakan Darmawan bahwa IGI Kota Lhokseumawe siap membantu sekolah yang memerlukan sumber daya dalam menumbuhkan budaya meneliti melalui OPSI.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa siswa SMPN Arun Lhokseumawe, Faraisha Syahryanna, Kevin, dan Aryanda mewakili Aceh pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2019. Kepastian tersebut diperoleh berdasarkan Surat Pemanggilan Nomor: 4967/D3/KP/2019 yang ditanda tangani oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud, Dr Poppy Dewi Puspitawati MA.

Kepala SMPN Arun Fauzi SPd sangat bangga dengan prestasi yang diraih siswanya untuk yang kesebelas kali secara berturutan. Menurut Fauzi, setiap tahun sekolah yang dipimpinnya selalu lolos sebagai Finalis OPSI. Bahkan, tambahnya, siswa mereka pernah meraih medli emas pada tahun 2011.

“Saya berharap tahun ini tim OPSI kita yang masuk finalis dapat meraih prestasi yang terbaik. Target kita adalah medali emas. Sekolah akan mensupport baik materil maupun moril. Saya berharap pihak terkait termasuk Komite Sekolah dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap tim OPSI kita,” jelas Fauzi.

Pembina OPSI SMPN Arun, Mulyo SPd menerangkan bahwa final OPSI Tahun 2019 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 26-30 November 2019. Mulyo berharap doa dari seluruh masyarakat Lhokseumawe dan Aceh agar tim OPSI SMPN Arun dapat meraih medali emas.

“Kita mengirimkan 14 judul dalam 3 tema untuk ajang OPSI tahun 2019. Alhamdulillah salah satu tim kita masuk Finalis. Adapun tim yang lolos mengangkat judul Penerapan Hukuman Cambuk Sebuah Solusi untuk Mengatasi Tindakan Kriminal di Kota Lhokseumawe,” kata Mulyo.

Lebih lanjut Mulyo mengatakan bahwa pembinaan yang dilakukan secara intensif setiap minggu mulai kelas VII sampai kelas IX. Permasalahan yang diangkat dalam OPSI, ungkap Mulyo, ditentukan sendiri oleh siswa berdasarkan fenomena yang terjadi diseputaran tempat tinggal siswa.

“Saya berharap seluruh sekolah di Kota Lhokseumawe untuk membina siswanya agar memiliki jiwa meneliti. Hal ini penting agar permasalahan yang muncul di masyarakat dapat dicari solusinya melalui penelitian. Insya Allah kita siap membantu jika diperlukan,” pungkas Mulyo.

Selain SMPN Arun Lhokseumawe, terdapat 2 (dua) sekolah lainnya yang mewakili Aceh pada ajang OPSI tahun 2019 jenjang SMP. Kedua sekolah tersebut adalah SMPN 5 Langkahan Aceh Utara dan SMPN 3 Langsa.

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article