Menu
Leading News For Education For Aceh

Afrika Selatan Gugat Israel, Indonesia Siap Beri Opini di ICJ

  • Bagikan
Retno Marsudi: Tindakan Israel Melanggar Hukum Internasional dan Harus Dipertanggungjawabkan
Menlu RI, Retni Marsudi

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Indonesia menyatakan sikapnya terkait gugatan yang diajukan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan genosida yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Meski belum menjadi pihak dari Konvensi Genosida, Indonesia tetap berkomitmen untuk membela hak-hak dan perjuangan rakyat Palestina.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Indonesia akan menggunakan segala jalan yang memungkinkan untuk mendukung Palestina, termasuk memberikan opini di depan ICJ. Hal ini sejalan dengan pertanyaan yang diajukan oleh Majelis Umum PBB kepada ICJ mengenai legalitas serangan Israel ke Gaza.

“Jadi ini dua hal yang terpisah, ya, jalur Afrika Selatan dan jalur yang sedang diupayakan berdasarkan pertanyaan dari Majelis Umum kepada ICJ di mana Indonesia dimungkinkan untuk hadir memberikan opini di situlah kami akan masuk,” kata Retno dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (4/1).

Retno menegaskan, Indonesia tidak akan berhenti berjuang untuk Palestina, meski belum menjadi pihak dari Konvensi Genosida. Konvensi tersebut merupakan dasar hukum yang digunakan oleh Afrika Selatan untuk menggugat Israel ke ICJ.

Afrika Selatan mengajukan gugatan ke ICJ pada pekan lalu, dengan mengklaim bahwa Israel telah terlibat, sedang terlibat, dan berisiko lebih lanjut terlibat dalam tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza. Gugatan ini didukung oleh sejumlah negara, termasuk Malaysia.

Israel menolak tuduhan tersebut dengan keras, dan mengatakan akan melawan gugatan tersebut di pengadilan. Juru bicara Pemerintah Israel Eylon Levy mengecam Afrika Selatan sebagai negara yang mendukung terorisme dan mengabaikan fakta.

“Sejarah akan menghakimi Anda, dan akan menghakimi Anda tanpa belas kasihan,” kata Levy, kepada para pemimpin Afrika Selatan, pada Selasa (2/1).

Serangan Israel ke Gaza telah menimbulkan korban jiwa yang besar, terutama di kalangan warga sipil Palestina. Menurut data kementerian kesehatan di Gaza, lebih dari 21.800 orang tewas akibat serangan Israel sejak 7 Oktober lalu.

Indonesia merupakan salah satu negara yang konsisten mendukung Palestina dan mengutuk agresi Israel. Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kepada Palestina, serta berperan aktif dalam upaya diplomasi internasional untuk mencapai solusi dua negara. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a