2 C
Munich
Jumat, Desember 2, 2022

99 Persen Siswa Aceh Lulus SMA/SMK/MA Sederajat

Must read

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Sekitar 99 persen siswa Aceh dinyatakan lulus dari jenjang SMA/SMK/MA tahun 2020. Hal itu berdasarkan rekapitulasi kelulusan SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2019/2020 yang dirilis Dinas Pendidikan Aceh pada Jumat (7/5) di Banda Aceh.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA, sekitar 99,45 persen atau sebanyak 41.233 siswa SMA dinyatakan lulus. Sementara untuk jenjang SMK persentase kelulusan adalah 98,16 persen atau sebanyak 15.948 siswa. Rachmat Fitri menambahkan bahwa acuan kelulusan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 13 tahun 2015 tentang Standar Pendidikan dimana syarat kelulusan adalah sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau prilaku minimal baik, dan lulus ujian sekolah.

“Kelulusan siswa untuk jenjang SMA dan SMK ditentukan oleh sekolah melalui rapat pleno dewan pendidik. Tidak ada Ujian Nasional (UN) tahun ini akibat pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19),” ujar Rachmat Fitri.

Dikatakan Rachmat Fitri bahwa terdapat beberapa siswa tidak lulus dengan beberapa faktor seperti berduka atau meninggal dunia, bermasalah di sekolahnya, dan bahkan ada yang mengundurkan diri atau berhenti sekolah.

“Siswa yang sudah lulus agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk sementara dapat mengisi waktu di rumah saja sambil mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi,” ungkap Rachmat Fitri.

Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli SPd MPd menerangkan bahwa penentuan kelulusan berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 dimana bagi sekolah yang sudah melaksanakan Ujian Sekolah (US) dapat menjadikan nilai US sebagai penentu kelulusan. US, kata Zulkifli, dapat dilaksanakan secara jarak jauh atau dalam jaringan (daring).

“Bagi sekolah yang tidak melaksanakan US, kelulusan siswa SMA/MA berdasarkan rata-rata nilai lima semester terakhir. Sekolah juga dapat menjadikan nilai semester 6 sebagai tambahan nilai kelulusan,” pungkas Zulkifli.

Zulkifli mengatakan bahwa kelulusan siswa SMK sederajat selain ditentukan oleh nilai rata-rata rapor, juga berdasarkan praktek kerja lapangan, dan nilai praktik lima semester terakhir. Sama seperti kelulusan SMA/MA, nilai semester 6 dapat dijadikan sebagai tambahan kelulusan.

Berdasarkan rekapitulasi, untuk jenjang SMA, Pidie Jaya memiliki persentase tertinggi mencapai 99,91 persen dan terendah adalah Gayo Lues dengan persentase kelulusan 98,24 persen. Persentase kelulusan tertinggi jenjang SMK diraih Aceh Selatan mencapai 100,69 persen dan terendah Aceh Tamiang dengan persentase 90,61 persen. (*)

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article