Jum. Agu 19th, 2022
Dirjen Dikti Sebut Pandemi Covid-19 Tantang Dunia Pendidikan Gunakan Teknologi

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kampus diharapkan dapat mengembangkan potensi mahasiswa. Hal itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam pada Selasa (2/8) di Jakarta.

Menurut Nizam, Indonesia saat ini memiliki potensi yang unggul, bonus demografi serta didukung dengan adanya kemajuan teknologi tentu diharapkan dapat menjadikan peluang untuk bersaing di masa global untuk menghasilkan insan yang kreatif, inovatif dan dapat bersaing di era saat ini.

“Kita harapkan civitas akademika harus mengembangkan kemampuan serta potensi mereka baik selama menjadi mahasiswa dengan contohnya mengikuti beberapa program Kampus Merdeka yang dapat di ikuti seluruh mahasiswa,” ujar Nizam.

Dikatakan Nizam bahwa Kampus Merdeka menyediakan sembilan opsi dengan berbagai macam program bagi mahasiswa. Nizam memaparkan beberapa gambaran dari program kampus merdeka yang dapat di ikuti serta telah dijalankan seperti halnya pada tahun 2022 ada 1.500 mahasiswa yang sudah dikirim untuk menjalani program pertukaran mahasiswa ke-72 perguruan tinggi dari 32 negara dunia.

Selanjutnya, tambah Nizam, program kampus mengajar yang diikuti 20.000 mahasiswa yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia serta 15.000 mahasiswa mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Butuh kerja sama dari civitas akademika dan pihak lain yang harus diperbaiki. Ke depannya Universitas Trunojoyo Madura (UTM), tentu sebagai pusat unggulan yang mempunyai keunikan dengan karya penelitian yang berdampak dan bermanfaat khususnya di Madura itu sendiri,” pungkas Nizam. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *