Kam. Agu 18th, 2022
Aceh Jaya Diguncang Gempa 5,6 Skala Richter

ACEHSIANA.COM, Calang – Kabupaten Aceh Jaya diguncang gempa dengan magnitude 5,6 Skala Richter (SR). Informasi gempa tersebut dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resmi bmkg.go.id pada Minggu (31/7).

Gempa tersebut berpusat di sebelah tenggara kota Calang, Aceh Jaya. Gempa tersejadi pada Minggu, 31 Juli 2022 pukul 10:03:16 WIB dengan koordinat 4,5 Lintang Utara dan 95,7 Bujur Timur. Adapun kedalaman gempa adalah 56 km dan tidak berpotensi terjadinya tsunami.

“Diimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan gempa susulan yang mungkin terjadi,” pesan BMKG.

Gempa Calang turut dirasakan oleh masyarakat di Aceh Besar, Banda Aceh, dan Pidie. Pusat gempa berada di laut pada jarak 44 km dari kota Calang.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta oleh pihak BMKG untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Sebagai Informasi, skala gempa satuan MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah skala gempa yang sering digunakan terutama apabila pada lokasi gempa yang tidak terdapat peralatan seismometer.

“Masyarakat agar memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan,” tulis BMKG di situs resminya. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *