Jum. Agu 12th, 2022
Presiden Minta Pendidikan Berkiblat Pada Negara Unggul

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Undang-Undang (UU) pemekaran Provinsi Papua. UU tersebut tentang pembentukan tiga provinsi baru di Papua. Ketiga provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Penandatanganan tersebut dilakukan Jokowi pada Senin (25/7) di Jakarta.

Adapun ketiga UU yang ditandatangani Jokowi adalah UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan. Provinsi ini akan mencakup 4 (empat) kabupaten. Keempat Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. Papua Selatan beribukota Merauke.

Kemudian UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah. Provinsi ini terdiri atas 8 (delapan kabupaten. Kedelapan kabupaten tersebut adalah Kabupaten Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya, dan Deiyai. Ibukota Papua Tengah ditetapkan di Nabire.

Selanjutnya UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan. Provinsi ini mencakup 8 (delapan) kabupaten. Kedelapan kabupaten tersebut adalah Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya, dan Nduga. Provinsi ini beribukota di Jayawijaya.

“Bahwa pemekaran wilayah di Provinsi Papua perlu memperhatikan aspirasi masyarakat Papua untuk mempercepat pemerataan pembangunan, peningkatan pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat serta mengangkat harkat dan martabat Orang Asli Papua (OAP), khususnya di Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat,” bunyi pertimbangan ketiga UU tersebut.

Ketiga UU pembentukan provinsi baru di Papua tersebut juga mengatur perihal peresmian dan pelantikan penjabat gubernur. Peresmian dan pelantikan penjabat gubernur akan dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) paling lama 6 bulan sejak UU diundangkan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *