Jum. Agu 12th, 2022
Kepala SDN Kampung Kapeh Aceh Selatan Lakukan Gerakan Literasi Sekolah

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Dalam upaya meningkatkan literasi bagi siswa, Kepala SD Negeri Kampung Kapeh Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Kepala SD Negeri Kampung Kapeh, Yusnadiwan SPd kepada acehsiana.com, Kamis (22/7/2022) mengatakan, budaya literasi sangat penting bagi siswa bahkan dikalangan guru sekalipun.

“Literasi merupakan budaya gemar membaca, karena membaca adalah jendela dunia,” kata Yusnadiwan.

Dikatakannya, tanpa membaca tentu saja wawasan terasa sempit sehingga salah satu faktor penghambat dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Untuk itu ujarnya, kami terus berupaya meningkatkan minat baca kepada semua murid di SD Negeri Kampung Kapeh.

“Dalam upaya meningkatkan gerakan literasi sekolah, usaha yang dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperoleh bahan bacaan di perpustakaan sekolah,” ucapnya.

Usaha yang dilakukan itu diantaranya, selain menambah buku bacaan yang sudah ada di perpustakaan sekolah, kemudian membangun relasi dengan donatur yang suka rela mau membantu.

Yusnadiwan menyampaikan, baru-baru ini SD Negeri Kampung Kapeh memperoleh bantuan dari pimpinan redaksi Majalah POTRET dan Anek Cerdas di Kota Banda Aceh.

“Majalah ini sangat disukai oleh murid karena selain gambarnya bagus kemudian banyak cerita motivasi tentang pendidikan dan bahan bacaannya sangat inspiratif,” ujar Yusnadiwan.

Ditambahkannya, literasi ini bukan sesuatu yang asing lagi, karena Nabi Muhammad SAW saja menerima wahyu pertama yang diturunkan dalam Al Qur’an adalah Surat Al Alaq dengan bacaan iqra’ artinya membaca.

“Semoga dengan bertambahnya bahan bacaan baik buku ataupun majalah dapat meningkatkan minat baca siswa dengan tujuan murid gemar membaca,” pungkas Yusnadiwan.

Penulis : Baihaki

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *