Jum. Agu 19th, 2022
Peta Sebut Pengangkatan Achmad Marzuki Sebagai Penjabat Gubernur Aceh Sah Sesuai Aturan

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Pembela Tanah Air (Peta) Aceh menyebutkan bahwa pengangkatan Mayjen Achmad Marzuki sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, sah sesuai autran yang berlaku di Indonesia. Hal itu disebutkan Ketua Peta Aceh, T Sukandi pada Jumat (8/7) di Tapaktuan.

Menurut T Sukandi, Presiden adalah representatif suara mayoritas rakyat Indonesia, sehingga jika Presiden sudah menyetujui penunjukan Achmad Amrzuki sebagai Pj Gubernur Aceh sama dengan telah ditunjuk dan dipercayai oleh negara.

“Polemik yang muncul di media bersifat pro dan kontra harus segera dihentikan karena proses Pj Gubernur Aceh telah selesai. Hal ini agar polemik ini tidak terkesan pemaksaan kehendak yang sifatnya sangat subjektif,” ujar T Sukandi.

T Sukandi mengajak semua pihak untuk menerima keadaan sekaligus memotivasi Pj Gubernur agar dapat menjalankan roda pemerintahan Aceh dengan baik dan benar untuk perubahan dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Aceh.

“Jika dalam perjalanannya nanti, Achmad Marzuki melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tupoksinya, maka kita koreksi bersama secara baik dan benar. Koreksi ini bersifat kolektif yang konstruktif. Sebagai masyarakat Aceh melekat pada diri kita karakter dan etika orang Aceh yang beradat serta berbudaya Syariah dan terdidik dengan baik,” tutur T Sukandi.

T Sukandi merinci peraturan perundang-undangan terkait keabsahan pengangkatan Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh, diantaranya adalah Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang, UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 47 Ayat 1 dan 2, UU no 5 tahun 2014 tentang ASN Pasal 20 Ayat 1, 2, dan 3 dan Pasal 147 dan 148, Perpres no 79 tahun 2020 Pasal 57 Ayat 3, Amar Putusan MK Perkara no 15/PUU-XX/2022. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *