Jum. Agu 12th, 2022
Sambut Kurikulum Merdeka, Guru SMAN 5 Lhokseumawe Dilatih IKM dan Pengembangan Perangkat Ajar

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Dalam rangka menyambut pemberlakuan Kurikum Merdeka (KM), guru SMAN 5 Lhokseumawe dilatih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan pengembangan perangkat ajar. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 1 – 4 Juli 2022 di gedung SMAN 5 Lhokseumawe.

Kepala SMAN 5 Lhokseumawe, Drs Muhammad MPd, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai persiapan Kurikulum Merdeka di sekolah yang dipimpinnya.

“Kita menerapkan Kurikulum Merdeka mulai tahun ajaran 2022/2023 ini pada kelas X atau Fase E. Mengingat kurikulum ini masih baru, maka perlu kita laksanakan pelatihan kepada para guru,” ujar Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa mereka menerapkan KM pada Fase E atau kelas X terlebih dahulu. Persiapan penerapan KM dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada guru tentang KM dan pengembangan dokumen yang diperlukan.

“Kita menyiapkan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). Kita juga mulai menyiapkan roster pelajaran dengan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai dengan struktur kurikulum,” sebut Muhammad.

Muhammad menambahkan bahwa para guru juga dibekali pengembangan perangkat ajar sesuai kurikulum merdeka. Termasuk pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM).

“Para guru juga kita latih mengembangkan perangkat ajar. Mulai dari analisis capaian pembelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP), hingga menulis modul ajar secara lengkap,” tutur Muhammad.

Lebih lanjut Muhammad menambahkan bahwa hal itu dilakukan agar sekolah yang dipimpinnya termasuk guru sangat siap menerapkan KM pada Fase E.

Pembukaan kegiatan turut dihadiri Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi SPd, yang diwakili oleh Kasubbag TU, Jamaluddin SPd MM. Adapun narasumber untuk IKM adalah Kepala SMAN 1 Matangkuli yang juga Ketua Tim Dukungan IT Bidang GTK Dnas Pendidikan Aceh, Khairuddin SPd MPd, sementara Fasilitator pengembangan perangkat ajar yaitu anggota Tim Dukungan IT Bidang GTK Dnas Pendidikan Aceh  yang juga Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh, Jon Darmawan SPd MPd. (*)

Editor: Fais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *