Jum. Agu 12th, 2022

ACEHSIANA.COM.Banda Aceh – Sejumlah 320 orang siswa SMA dan SMK Kabupaten Aceh Selatan lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Atas capaian itu menempatkan Kabupaten Aceh Selatan meraih peringkat tiga jumlah kelulusan SBMPTN dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, disaksikan Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT dan Sekretaris Daerah, dr Taqwallah MKes, memberikan penghargaan bagi daerah yang jumlah siswanya banyak lulus di SBMPTN.

Penyerahan penghargaan itu berlangsung di Pantai Riting, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (03/07/2022).

Kadisdik Aceh, Alhudri dalam sambutannya menyampaikan, ditengah persaingan yang semakin ketat Provinsi Aceh masih mampu mempertahankan peringkat delapan nasional jumlah kelulusan siswa jalur SBMPTN tahun 2022 sama seperti tahun lalu.

Kata Alhudri, Secara rasio Aceh menduduki peringkat satu nasional.

“Pencapaian yang luar biasa ini tentu tidak terlepas dari peran Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah, kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dan stekeholders lainnya,” ujarnya.

Alhudri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang dua hari lagi habis masa jabatannya, serta dukungan dari Sekda Aceh, Taqwallah dalam mewujudkan misi Aceh Caroeng.

Sementara Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM, kepada acehsiana.com mengatakan, syukur Alhamdulillah pada tahun 2022 ini Aceh Selatan berhasil menempati peringkat tiga jumlah kelulusan SBMPTN.

“Aceh Selatan berada diperingkat tiga setelah Kota Banda Aceh sebagai peringkat satu dan Kota Lhokseumawe peringkat dua,” sebutnya.

Disebutkannya, 320 orang siswa itu terbanyak lulus di PTN di Aceh, selebihnya lulus PTN di luar Aceh.

Kacabdin Aceh Selatan menjelaskan, perolehan Aceh Selatan meraih peringkat tiga merupakan sejarah pertama kali masuk tiga besar, semoga prestasi ini bisa dipertahankan.

“Ucapan terima kasih kepada semua Kepala SMA dan SMK, pengawas, guru, tenaga pendidik dan komite sekolah jenjang pendidikan menengah di Aceh Selatan yang sudah melakukan pembinaan kepada siswa,” imbuh Annadwi.

Secara terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Aceh Selatan, Muzakir SPd, yang ikut hadir mendampingi Kacabdin Wilayah Aceh Selatan menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Aceh Selatan.

“Mewakili khususnya Kepala SMA yang ada di Aceh Selatan, ucapan terima kasih Kepada Kacabdin Wilayah Aceh Selatan yang selalu konsen dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Negeri Tuan Tapa,” tuturnya.

Sebagai Ketua MKKS SMA Aceh Selatan tambahnya, terus berupaya melakukan kapasitas dalam peningkatan manajemen kepala sekolah yang berkualitas untuk diimplementasikan kepada guru, tendik dan siswa di sekolah.

Adapun peringkat siswa lulus SBMPTN tahun 2022 sebagai berikut :
1. Kota Banda Aceh
2. Kota Lhokseumawe
3. Kab. Aceh Selatan
4. Kab. Aceh Besar
5. Kab. Aceh Tamiang
6. Kab. Aceh Utara
7. Kab. Simeulue
8. Kab. Aceh Barat
9. Kab. Bireuen
10. Kota Langsa
11. Kab. Aceh Timur
12. Kab. Pidie
13. Kota Subulussalam
14. Kab. Singkil
15. Kab. Aceh Barat Daya
16. Kab. Aceh Tengah
17. Kab. Pidie Jaya
18. Kab. Aceh Tenggara
19. Kab. Aceh Jaya
20. Kab. Nagan Raya
21. Kota Sabang
22. Kab. Bener Meriah
23. Kab. Gayo Lues

Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *