Jum. Agu 12th, 2022
Guru SMA/SMK Aceh Tenggara Dilatih Evaluasi Berbasis Digital

ACEHSIANA.COM, Kutacane – Sebanyak 44 guru SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Tenggara dilatih evaluasi berbasis digital tanpa internet. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 27 – 30 Juni 2022 di aula Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara.

Ketua Panitia yang juga Kasi Pengembangan Mutu Kesiswaan, Hendri Putra SPSi MPd, melaporkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 44 guru dari unsur Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum atau staf pengajaran SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Tenggara.

“Setiap kegiatan harus ada produk dan aksi. Maka peserta kegiatan ini nantinya harus menghasilkan produk evaluasi berbasis digital tanpa internet dan melakukan aksi nyata di sekolah,” ujar Hendri.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kabupate Aceh Tenggara, Jufri RM SPd MSi, melalui Kasi Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Samsul Bahri, meminta kepada para peserta agar serius mengikuti kegiatan dan memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Kegiatan ini langka kita laksanakan. Manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan mengembangkan model ujian berbasis digital. Apalagi narasumber kita bukan orang sembarangan sehingga harus dapat memnfaatkan kemampuan mereka,” ujar Samsul.

Dikatakan Samsul bahwa era digital yang sedang kita hadapi tentu hampir semua lini bebasis digital. Termasuk di dalamnya evaluasi pembelajaran berbasis digital.

“Kembangkanlah evaluasi berbasis digital tanpa internet ini di sekolah masing-masing. Kita harus mampu melakukan digitalisasi pendidikan di tengah zaman yang serba digital ini,” sebut Samsul.

Samsul menambahkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena itu peserta harus menyimak dan menghayati ilmu dari narasumber.

“Setelah memeproleh ilmu, nantinya harus menyebarkan kepada guru lain dengan melakukan diseminasi. Peserta harus berbagi nantinya kepada guru sehingga pada saat melakukan evaluasi di sekolah, sudah berbasis digital,” pungkas Samsul.

Adapun narasumber merupakan Tim Dukungan IT Bidan GTK Dinas Pendidikan Aceh sekaligus Tim Literasi IGI Aceh, Khairuddin SPd MPd dan Faisal ST. Kegiatan pembukaan turut dihadiri oleh pejabat Cabdin Aceh Tenggara, diantaranya Kasubbag TU, Iswandi ST MT, kepala sekolah serta staf Cabdin lainnya. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *