Rab. Jul 6th, 2022
41 Kepala dan Pengawas Sekolah Aceh Barat Lakukan Bench Marking ke Gayo Lues

ACEHSIANA.COM, Blangkejeren – Sebanyak 41 Kepala SMA/SMK, Pengawas Sekolah, dan staf Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin)  Kabupaten Aceh Barat melakukan kunjungan ke Kabupaten Gayo Lues. Kunjungan yang dikemas dalam bench marking tersebut berlangsung pada tanggal 12 – 13 Juni 2022.

Bench marking tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendapatkan perbandingan pengelolaan pendidikan dalam lingkup SMA/SMK/SLB.  Kegiatan Bench Marking yang digagas Cabdin Aceh Barat ini juga telah mendapat persetujuan (rekomendasi) dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM untuk berkunjung ke Kabupaten gayo Lues selama 2 hari, dilanjutkan ke Aceh Tengah dengan waktu yang sama.

Rombongan melewati jalan Babahrot-Blangkejeren yang saat ini telah diaspal hotmix mulus, jalan tembus wilayah tengah yang telah diaspal menghubungkan Kab. Abdya-Aceh Timur.   Sepanjang jalan dipenuhi pepohonan rindang, tusam, aliran air jernih, serta pemandangan bak atas awan di puncak-puncak gunung.   Setelah menempuh 7-8 jam rombongan tiba pukul 18.00 dan langsung menginap di Hotel Grand Marmas, Rak Lunung-Blangkejeren.  Selain di Grand Marmas peserta juga menginap di Hotel Graha Tiara dan Syarah July Blangkejeren.  Pemilik kedua hotel tersebut juga adalah personil pengawas SMA/SMK Gayo Lues setempat.

Rombongan dari Cabdin Aceh Barat mendapat sambutan hangat penuh kekeluargaan dari semua unsur tuan rumah yang diwakili ketua panitia,  Iskandar Muda SP MAP yang juga bertindak sebagai ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Kab. Gayo Lues.  Iskandar Muda menyatakan merasa tersanjung atas kedatangan Kepala/Pengawas SMA/SMK Aceh Barat serta unsur cabdin.  Tambahan lagi semakin marak denagn hadirnya ketua MKKS SMA, Aguswati Gulo SPd MPd dan ketua MKKS SMK Junaidy, S.Pi beserta seluruh kepala SMA/SMK/SLB se kabupaten Gayo Lues dan pegawai Cabdin Gayo Lues.  Sambutan juga disampaikan Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Basri SPd, yang diwakili Ali Nurdin SPd.

KCD Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Abdul Aziz SH, melalui Ketua MKPS Aceh Barat, Mukhlis SE MSi, menyampaikan kegembiraannya dapat berkunjung untuk pertama kalinya ke kabupaten ini.  Mukhlis berharap Cabdin Gayo Lues juga berkunjung ke Aceh Barat dalam rangka mempererat persahabatan dan pertukaran informasi sebagai salah satu terobosan memajukan pendidikan.

Selepas makan malam, rombongan disuguhkan keramah-tamahan tuan rumah, makan minum kopi pantan khas Gayo Lues, sembari menikmati alunan karaoke yang diinisiasi semua yang hadir untuk menampilkan tembang, pantun dan sebagainya. Dipandu pembawa acara Fahmi Shahab, S,Si (Kepala SLB Mutiara Louser).   Suasana yang begitu akrab, menyebabkan rombongan merasa tak lagi merasakan lelah, penuh kegembiraan dan ekspresi bahagia terpancar begitu saja.  Larut malam tak terasa,  rombongan masih terus bercengkrama bersama warga sekolah Gayo Lues ini.

Hari berikutnya senin, 13 Juni 2022, pukul 09.00 peserta bersiap untuk berkunjung ke sekolah.  Rombongan  dibagi 4 kelompok untuk berkunjung, yaitu  SMAN SERIBU BUKIT, SMAN 1 Blangkejeren, SMAN 1 Blangpegayon dan SLB Mutiara Louser.  Setiap kelompok menyempatkan berkunjung ke semua sekolah yang telah ditetapkan secara bergantian.  Baru kelar siang harinya, bersamaan suara lonceng  sekolah mengakhiri kegiatan.  Penuh semangat.  Ada yang berinisiatif mengunjungi pamplet selamat datang Gayo Lues di Bukit Cinta dan lapangan terbang Patiambang, seusai puas mengunjungi sekolah.  Merasa puas berfoto, selfie, singgah sana-sini, sekira pukul 14.00 rombongan akhirnya kembali Bale Grand Marmas Hotel untuk acara penutupan sekaligus pelepasan peserta yang akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Aceh Tengah.

Acara penutupan dan pelepasan, Fauziah selaku perwakilan rombongan menyampaikan beberapa pesan-kesan yang menurutnya sangat unik dan menarik, antara lain;  SMAN 1 Blangkejeren memiliki administrasi yang sangat lengkap, melebihi sekolah yang ada di Aceh pada umumnya.  Selain itu lulusan masuk SNPTN dan SBNPTN selalu meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.  Wajar Kepala atas nama Aguswati Gulo, S.Pd, M.Pd sekolah peraih Juara I Lomba Kepala SMA Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh tahun 2020 lalu, ujarnya.   SLB Mutiara Louser, mendapat decak kagum karena memilki  berbagai fasilitas untuk memandirikan siswa/anak berkebutuhan khusus tersebut, seperti Air Isi Ulang, kursus pangkas, kursus pijat refleksi, Loundry, coffee shop dll.  Menariknya kata beliau, karena semua fasilitas dilaksanakan dari nol dengan sumber daya seadanya.  SMAN SERIBU BUKIT telah membuktikan lulusan yang setiap tahun masuk universitas Top Ten di seluruh Indonesia, nota bene dari wilayah terpencil dapat mengeluarkan lulusan yang bersaing dikancah nasional.  Tak luput, SMAN Blangpegayon menampilkan hasil program BEREH yang luar biasa, taman indah, air mancur, pustaka, musholla, ruang guru semua mencerminkan keindahana, keasrian dan nyaman.

Hal lain yang menurut perwakilan rombongan sangat menarik adalah seluruh pengawas sekolah melaksanakan tugas maksimal secara tim, sangat kompak, baik antara Pengawas Sekolah sendiri, maupun bersama Kepala Sekolah, Guru, pegawai dan Cabang Dinas Kabupaten Gayo Lues.  Menurut Fauziah yang sangat berkesan adalah, Kehadiran pengawas adalah mitra, motivator dan bersipat saling melengkapi dalam proses pendidikan di sekolah. Kepala dan pengawas sekolah benar-benar berbaur, menyatu bersama bahkan bersama guru dan pegawai sekolah.  Seperti serombongan kawan, katanya lagi.  Tetapi mendorong sekolah untuk lebih baik dari hari ke hari.   Diakhir pesan, rombongan sangat ingin menerapkan kondisi serupa di Aceh Barat.  Mengingat dampak positif yang telah didapatkan Kabupaten Gayo Lues.

Kata-kata pelepasan dari Iskandar yang juga pernah merasakan Juara I Pengawas Berprestasi 2017 provinsi Aceh ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan yang akan segera beranjak ke Aceh Tengah, sembari membacakan beberapa pantun yang diiringi tepuk tangan riuh rendah.  Begitulah persahabatan tulus Gayo Lues-Aceh Barat.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *