Jum. Jul 1st, 2022
Guru BK SMA/SMK Aceh Tengah Dilatih Peningkatan Kompetensi Pengembangan Diri

ACEHSIANA.COM, Takengon – Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Aceh Tengah dilatih peningkatan kompetensi pengembangan diri siswa. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 22 – 25 Juni 2022 di aula SMAN 8 Unggul Aceh Tengah.

Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, Drs Khalidin MPd yang diwakili oleh Kasi Pengembangan Mutu Guru, Basri SHI menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih para guru BK agar mampu menjadi pengarah, pembimbing peserta didik berprilaku baik, bertanggung jawab, dan siap menentukan sikap pengembangan diri.

“Harapan kita agar kegiatan ini mampu menambah spirit dari guru BK sebagai pengarah bimbingan peserta didik berperilaku baik bertanggungjawab dan siap menentukan sikap pengembangan diri,” ujar Basri.

Dikatakan Basri bahwa guru BK harus menyiapkan fisik dan psikis siswa sesuai dengan aturan sekolah masing-masing.

“Guru BK itu bertanggung jawab penuh dalam memahami situasi psikologis siswa untuk menumbuhkembangkan motivasi siswa. Guru BK sebagai motivator harus mampu merubah cara pandang siswa dalam menghadapi kemajuan teknologi,” sebut Basri.

Basri menambahkan bahwa para guru BK tersebut dilatih oleh narasumber yang pakar dibidangnya. Narasumber tersebut adalah Nurul Hikmah MPd Kons, Dosen Bimbingan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe dan Rusdiman AB MPd, pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bireuen.

Pantauan acehsiana.com, peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Adapun jumlah peserta adalah 33 guru BK SMA/SMK se-Aceh Tengah. Selama pelatihan, narasumber juga didampingi oleh moderator dan notulen. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *