Rab. Jul 6th, 2022
Guru SMA/SMK Lhokseumawe Dilatih AKM Literasi Membaca

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Sebanyak 25 (dua puluh lima) guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris SMA/SMK se-Kota Lhokseumawe dilatih peningkatan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) literasi membaca. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 19 – 22 Juni 2022 di aula Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe.

Ketua panitia yang juga Kepala Seksi (Kasi) Managemen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Mutu Kesiswaan Cabdin Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Murthala SSos melaporkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja guru agar menjadi tenaga pendidik yang handal.

“Kita harapkan para guru mampu mempersiapkan diri dan siswa menghadapi AKM dan meningkatkan mutu pendidikan di Aceh khususnya di wilayah Kota Lhokseumawe,” ujar Murthala.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi SPd yang diwakili oleh Kasi Pengembangan Mutu GTK, Fakhrurrazi ST MPd, menegaskan bahwa era sekarang terjadi pengalihan teknologi dari analog ke digital.

“Siap tidak siap para guru harus jadi guru yang cakap digital. Guru harus komunikatif sehingga komunikasi dengan siswa tidak hanya dua arah. Guru harus mampu menuangkan kecakapan literasi dalam teknologi,” pinta Fakhrurrazi.

Fakhrurrazi menambahkan bahwa tahun ajaran baru harus mulai dengan semangat dan jiwa baru.

“Tingkat kelulusan siswa di Lhokseumawe ke perguruan tinggi negeri (PTN) menuju arah lebih baik. Demikian juga dengan lomba-lomba siswa sehingga perlu ditingkatkan,” sebut Fakhrurrazi.

Fakhrurrazi meminta peserta agar memanfaatkan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi dalam AKM dan dapat diimbaskan kepada guru-guru lain di sekolah.

“Ketika semua guru sudah meingkat kompetensi AKM, maka akan berimbas pada meningkatnya kemampuan literasi siswa,” pungkas Fakhrurrazi.

Adapun narasumber adalah Tim Dukungan IT Bidang GTK Dinas Pendidikan Aceh yang diketuai oleh Kepala SMAN 1 Matangkuli, Khairuddin SPd MPd. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *