Rab. Jul 6th, 2022
Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Unimal Gelar Kuliah Umum

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Program Studi (Prodi) Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar kuliah umum. Kuliah umum tersebut berlangsung pada Selasa (31/5) di aula gedung Laboratorium Fakultas Pertanian.

 Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (Himapvotesin) Unimal, Faizar Randa, menjelaskan bahwa kuliah umum tersebut mengusung tema Teknik Perawatan Sepeda Motor dan Peluang Usaha.

“Kita menghadirkan alumni Teknik Mesin Unimal, Syahrul Efendi ST sebagai narasumber. Beliau bekerja sebagau Kepala Divisi Perbengkelan CV Prima Nusantara Lhokseumawe,” ujar Faizar.

Dikatakan Faizar bahwa kegiatan tersebut bertujuan memberikan informasi terkait peluang kerja bagi lulusan PVTM khususnya di bidang perawatan sepeda motor. Saat ini populasi pengguna sepeda motor meningkat cepat khususnya Merk Honda.

“Sejak Covid-19 melanda Indonesia, kuliah umum baru dapat dilaksanakan kembali saat ini. Kuliah umum ini memberikan pencerahan dan pengalaman kepada mahasiswa langsung dari ahlinya dan menambah semangat mahasiswa dalam belajar. Semoga akan muncul wirausaha muda di PVTM,” sebut Faizar.

Ketua Prodi PVTM, Dr Abubakar menambahkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kegiatan Kampus Merdeka yang menghadirkan praktisi ke kampus untuk share knowladge sekaligus kerjasama dengan PVTM.

“PVTM merupakan Program Studi Vokasi didominasi oleh alumni SMK yang belajar untuk menjadi staf pengajar dan satu-satunya vokasi Sarjana Teknik Mesin yang ada di Aceh. Sangat kita harapkan partisipasi dari masyarakat untuk mensupport agar dapat melahirkan guru-guru SMK yang proposional,” terang Abubakar.

Narasumber kegiatan, Syahrul Efendi mengajak mahasiswa untuk berwirausaha dengan membangun perbengkelan untuk dijadikan sebagai peluang kerja sekaligus tempat berlatih dan memperdalam ilmu sambil mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku kuliah.

“Konsep ini selaras dengan program kampus yang sedang dijalankan yaitu PMW (program wirausaha mahasiswa) yang turut mensuport dana untuk kegiatan ini,” kata Syahrul.

Syahrul Efendi yang merupakan alumni Teknik mesin sangat mendukung kegiatan tersebut sekaligus berjanji akan mensuport sesuai kewenangannya sebagai Kepala Devisi Ahass di Lhokseumawe.

Kuliah Umum tersebut dihadiri dan disaksikan Oleh Wakil Dekan II FKIP Teuku Azhari SPd MA, Ketua Prodi PVTM, Dr Abubakar ST MT, serta seluruh dosen dan mahasiswa PVTM. (*)

Kontributor: Abi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *