Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM. Aceh Jaya – Pelatihan MTU III (Mobile Training Unit) yang berbasis teknik kendaraan ringan, perangkat sepeda motor serta peralatan Mesin Boat resmi dibuka pada 20 Mei 2022 di SMK Negeri 1 Panga.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 1 Panga, Zul Asral SPd mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani peserta dari SMK Negeri 1 Calang dan SMK Negeri 1 Teunom dengan letak yang strategis berada di Panga. Tambahan juga empat kompetensi yang dilaksanakan dapat menambah keterampilan serta pemahaman para peserta didik yang hadir.

Kordinator MTU III Tarmizi SST dalam sambutannya menyatakan bahwa kompetensi yang dilaksanakan antara lain Teknik Kendaraan Ringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Mesin Boat, serta Pengelasan. Kegiatan ini menerapkan 80% praktek dan 20% teori dan evaluasi. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa hingga nantinya memiliki daya saing serta skill yang bisa diterapkan dalam dunia kerja.

Kegiatan ini berlangsung secara reguler setiap tahun salah satu program NGO yang hadir secara berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, khususnya di Aceh pasca Tsunami Aceh 2004.

Acara secara resmi dibuka oleh Pengawas Pembina SMK Aceh Jaya, Wasmaini Budiarti MPd sekaligus mewakili Kacabdin Pendidikan Aceh Jaya, menyatakan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan mutu kualitas anak SMK agar mengasah kompetensi yang harus dimiliki.

“Kami menitipkan anak didik kami untuk diberi pelatihan dan pembinaan selama lebih kurang 2 minggu, sekiranya ilmu dan keterampilan yang didapat mampu diterapkan dalam bermasyarakat.” Imbuh beliau.

Ketua panitia MTU III Ibnoe Cholid S Ag saat diwawancarai mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah kemampuan siswa dalam bidang kompetensi masing-masing, sehingga setelah tamat SMK nanti siswa sudah siap mengisi lapangan kerja sesuai dengan skill yang mereka miliki, ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta, yang terdiri dari 15 siswa SMKN 1 Calang, 15 siswa SMKN 1 Teunom dan 30 siswa SMKN 1 Panga, tutupnya Jum’at (20/5/2022).

Kontributor : Dira. W & Teuku Julizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *