Jum. Jul 1st, 2022

Acehsiana | Aceh Timur – Faisal ST selaku Ketua IGI Daerah Kabupaten Aceh Timur memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelatihan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Jabatan Fungsional Guru secara virtual, Kamis (19/05/22). Pelatihan ini dirancang untuk membekali guru-guru se-Aceh dengan pemahaman yang menyeluruh tentang mekanisme penyusunan SKP pada jabatan fungsional guru agar sesuai peraturan perundang-undangan dan prosedur yang berlaku yaitu permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Narasumber pada pelatihan kali ini adalah bapak Jhon Abdi, SPd MPd yang tidak asing lagi dikalangan guru-guru, tambah Faisal.

Ketua IGI Daerah Kabupaten Aceh Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa IGI mencoba memfasilitasi guru-guru melalui pelatihan ini guna mengetahui tentang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan SKP yang baik kemudian diikuti PAK yang memenuhi standar sehingga proses kepangkatan kedepannya bisa lebih lancar dan mudah tanpa kendala.

“SKP merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pengembangan karir karena harus melihat seberapa jauh dapat mencapai target yang ditetapkan oleh bapak ibu. SKP harus menjadi satu kesatuan yang nantinya disusun dari awal, jangan membuat target tinggi tetapi sangat minimal dalam pencapaian maupun membuat target yang terlalu rendah karena tidak mendorong kemajuan kinerja bapak ibu”, tambah Faisal.

Faisal menjelaskan SKP nantinya akan bermuara pada penetapan angka kredit (PAK) untuk kenaikan pangkat, golongan. PAK merupakan hasil kerja yang dinilai sesuai ketentuan. Oleh karena itu yang paling tepat adalah PAK yang didapat merupakan evaluasi terhadap diri bagi kinerja yang sudah dilakukan dalam mengembangkan diri.

“Jadi misalnya sebagai pejabat fungsional harus mampu melihat apa yang sudah dikerjakan, sangat disayangkan jika hanya melakukan pekerjaan rutinitas yang tidak bisa dievaluasi dengan angka kredit”, ungkap Faisal.

“Jabatan fungsional dikatakan jabatan mandiri mengenai bagaimana cara mencari atau mengelaborasi kegiatan-kegiatan menjadi nilai yang bisa terukur untuk mendapat penghargaan melalui PAK, ini tidak mudah apa lagi dalam rangka reformasi birokrasi. Pejabat fungsional perlu untuk mengetahui apa dan bagaimana seharusnya dihargai secara tepat dan benar”, sambung Faisal yang juga sebagai Kepala SMKN 1 Julok.

Mengakhiri sambutannya, Faisal berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, tekun, konsentrasi, tidak malu bertanya, memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, dan saling komunikasi atau sharing sesama peserta.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh IGI ini diikuti 73 orang peserta yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Aceh yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari dengan skema 1 (satu) hari daring yaitu hari ini, dan selebihnya akan dilakukan penugasan dan pembimbingan melalui group WA dari narasumber. Peserta diminta agar dapat menyelesaikan tugas untuk bisa diberikan sertifikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *