Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM  | JAKARTA – Jatah libur ASN pasca libur Lebaran 2022 diperpanjang dengan sistem kerja dari rumah atau juga di kenal WFH (work from home). Simak jadwal WFH bagi ASN melalui tulisan di bawah.

Baca Juga: Avanza dan Innova Tabrakan di Aceh Jaya

Kebijakan perpanjang jatah libur ASN sebagai tanggapan dari usulan Kapolru Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem WFH bagi ASN yang kemudian disetujui oleh Menteri Pendayagunaan ASN dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Pelajar di Aceh Besar Ditangkap Usai Tikam Temannya Gegara Pacar

Melansir Suara.com, jadwal WFH untuk ASN pasca libur Lebaran 2022 ditetapkan selama sepekan, yakni dari Senin, 9 Mei hingga Minggu, 15 Mei 2022.

Keputusan perpanjang jatah libur ASN tersebut dinilai perlu diambil untuk memecah masalah kemacetan selama arus balik Lebaran 2022.

 

Dengan ini, seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan segera mengatur pembagian jadwal sesuai dengan fungsi dari instansi masing-masing agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar.

Baca Juga: Waspada Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang di Jalan Medan – Banda Aceh

Penerapan WFH untuk ASN menurut menteri tidak akan mengganggu pelayanan karena telah diterapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sistem tersebut memungkinkan ASN dapat bekerja secara fleksibel menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sementara jadwal WFH untuk ASN setelah libur Lebaran 2022 disetujui dan ditetapkan, informasi terkait arus balik bergulir di media massa.

Disarikan dari berbagai sumber, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau One Way dari Semarang ke Jakarta.

One Way diterapkan mulai dari Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Semarang-Batang sampai ke KM 03+500 Halim. One Way berjalan dari sejak Sabtu, 7 Mei 2022 mulai pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Wisata Jambo Hatta, Nuansa Sejarah Dari Aceh Selatan

Pemerintah memprediksi puncak arus balik 2022 terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022 dikarenakan pada Senin, 9 Mei 2022 banyak pegawai kantor yang sudah harus masuk kerja. Kebijakan ganjil genap dan one way akan diberlakukan sampai arus balik mereda.

Potensi kemacetan diperkirakan terjadi di Jalan Raya Nasional sampai Kawasan Merak-Bakauheni saat puncak arus balik. Alasan kenapa kemacetan bisa terjadi adalah karena setidaknya ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Sebagai tambahan informasi, selain ASN mendapatkan kebijakan WFH setelah libur lebaran 2022, libur sekolah juga diperpanjang.

Baca Juga: Sidang Isbat, Lebaran Idul Fitri Jatuh 2 Mei

 

Kebijakan ini diberlakukan dengan alasan sama dengan perilisan jadwal WFH untuk ASN setelah libur lebaran 2022 yaitu untuk mencegah kemacetan arus balik lebaran 2022.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperpanjang libur sekolah selama tiga hari.

Demikian penjelasan mengenai jadwal perpanjang jatah libur ASN dengan WFH pasca libur Lebaran 2022 untuk mengatasi kemacetan arus balik.

 

SOURCE ACEHNOMICS.COM 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *