Sen. Mei 23rd, 2022

Kegiatan Dienul Islam yang dilaksanakan selama dua pekan di Bulan Ramadhan 1443 H merupakan program Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan unit sekolah sebagai pelaksana. Rangkaian kegiatan Dienul Islam memusatkan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa mengimplementasi nilai-nilai ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ibadah tersebut akan membuat siswa memiliki akhlakul karimah sekaligus internalisasi siswa di lingkungan masyarakat akan baik dalam bidang keagamaan dan sosial.

SMA Negeri 1 Matangkuli sendiri melaksanakan kegiatan tersebut dalam berbagai tema, diantaranya program membenarkan membaca Al-Qur’an serta kajiannya, thaharah, pengelolaan jenazah serta kajian ekonomi Islam yang saat ini menjadi fokus pemberdayaan ekonomi di Indonesia terutama di Aceh. Sebagai penutup kegiatan, sebagai aktualisasi atas rangkaian kegiatan Dienul Islam, keluarga besar SMA Negeri 1 Matangkuli memberi donasi bagi 50 siswa Yatim, Piatu dan Yatim Piatu. Sumber dana kegiatan tersebut merupakan urun-urunan guru dan tendik di SMA Negeri 1 Matangkuli.

Dalam sambutan menutup kegiatan, Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Khairuddin mengungkapkan bahwa nilai-nilai kompetensi sosial dan kepribadian dari guru dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Matangkuli tercermin melalui rasa empati pada yang membutuhkan. “Bahwa sebagian dari harta kita, hanyalah titipan yang menjadi hak orang lain, baik diminta atau tidak. Donasi memang dianjurkan bagi yang paling membutuhkan di lingkungan internal sendiri agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Kita masih ingat awal pandemi, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh mendorong guru agar mengumpulkan beberapa paket bantuan untuk warga sekolah sendiri yang paling membutuhkan. Kegiatan sosial seperti ini perlu kita galakkan agar tumbuh rasa saling menyayangi sesama warga sekolah”, imbuhnya.

Turut dihadiri oleh guru dan tendik di SMA Negeri 1 Matangkuli, kegiatan Dienul Islam tahun 2022 ditutup dengan mengharap rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. (fais)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *