Sel. Mei 24th, 2022
Pemilihan Rektor UTU, Berikut 3 Calon Terpilih

ACEHSIANA.COM, Meulaboh – Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh melakukan pemilihan rektor periode 2022 – 2026. Berdasarkan Sidang Paripurna Penyaringan Bakal Calon Rektor UTU periode 2022 – 2026, terpilih 3 (calon) dari 5 (lima) bakal calon. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Rektor UTU, Dr Mursyidin MA pada Senin (18/4) di Meulaboh, Aceh Barat sebagaimana rilis utu.ac.id.

Ketua Senat UTU, Dr Alfizar DAA, menjelaskan bahwa Sidang Paripurna Penyaringan Bakal Calon Rektor UTU Periode 2022-2026 memiliki 2 (dua) agenda utama. Kedua agenda utama tersebut, lanjut Alfizar, adalah pemaparan visi dan misi bakal calon Rektor di hadapan anggota senat dan panelis, dan pemungutan suara oleh anggota senat.

“Pemungutan suara dilakukan untuk memilih tiga orang calon Rektor UTU Periode 2022-2026. Penyaringan oleh senat merupakan bagian dari proses pemilihan Rektor UTU. Ketentuan ini ditetapkan dalam peraturan senat UTU tentang pemilihan Rektor UTU Periode 2022-2026,” ujar Alfizar.

Sementara itu, ketua panitia pemilihan Rektor UTU, Mursyidin, menjelaskan bahwa panitia telah melakukan serangkaian tahapan untuk menyaring bakal calon rektor UTU periode 2022-2026. Mursyidin menambahkan bahwa kegiatan diawali dengan pemaparan visi dan misi oleh para bakal calon rektor UTU periode 2022-2026.

“Tahapan hari ini merupakan kegiatan puncak yang akan menghasilkan tiga orang calon rektor UTU periode 2022-2026 untuk selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek),” ungkap Mursyidin.

Dikatakan Mursyidin bahwa masing-masing bakal calon menyampaikan visi dan misi, diikuti dengan penajaman oleh para penelis. Proses pemilihan oleh anggota senat UTU melibatkan 17 anggota senat UTU yang memberikan suara.

Mursyidin menuturkan bahwa hasil pemilihan oleh senat UTU, Dr Ir Azhari, MSc memperoleh 0 suara, Dr Ishak Hasan MSi mendapatkan 7 suara, Dr M Akmal SSos MA dipilih oleh 4 suara, Prof Dr Muchlisin ZA SPi MSc meraih 1 suara, dan Dr Teungku Muhammad Sahudra MPd menghasilkan 4 suara, serta 1 suara tidak sah.

“Tiga nama bakal calon rektor terpilih berdasarkan perolehan suara terbanyak menjadi calon rektor UTU periode 2022 – 2026 yaitu Dr Ishak Hasan MSi, Dr M Akmal Ssos MA, dan Dr Teungku Muhammad Sahudra MPd,” tutur Mursyidin.

Lebih lanjut Mursyidin menambahkan bahwa ketiga nama calon rektor tersebut akan diserahkan kepada Kemdikbudristek pada tanggal 20 April 2022.

“Pemilihan Rektor UTU dilakukan dalam rapat senat tertutup yang dilaksanakan oleh senat bersama Mendikbudristek (atau pejabat yang ditunjuk) pada tanggal 10 Mei 2022. Calon rektor dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon rektor UTU terpilih dan akan disampaikan kepada Mendikbudristek pada 11 Mei 2022,” pungkas Mursyidin.

Mursyidin memungkaskan bahwa pada tahap terakhir, Mendikbudristek akan menetapkan dan melantik Rektor UTU terpilih periode 2022 – 2026 yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal Menteri. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *