Kam. Mei 26th, 2022

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – PT Kotafajar Semen Indonesia (PT KSI) sebagai bagian dari Konsorsium PT Kobexindo Jakarta, akan membangun pabrik semen dengan kapasitas 6 juta ton per tahun di Aceh Selatan. Terkait rencana tersebut, Forum Peduli Aceh Selatan (For-PAS) memberikan saran sebagaimana rilis yang diterima acehsiana.com pada Kamis (14/4).

Koordinator For-PAS, T Sukandi menilai bahwa keberadaan PT KSI berdasarkan segi sosila dan ekonomi sangat membanggakan dan menguntungkan Kabupaten Aceh Selatan.

“Keberadaan pabrik ini tentu banyak menyerap tenaga kerja . Selain itu, penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan sendirinya akan meningkat tajam,” ujar T Sukandi.

Dikatakan T Sukandi bahwa keberadaan pabrik tersebut juga memiliki dampak negatif seperti terjadi pencemaran polusi udara yang tidak dapat dihindarkan.

T Sukandi menawarkan solusi yaitu perlu adanya minimal sebuah Klinik Kesehatan yang didirikan oleh perusahaan.

“Segala akibat dari proses berdirinya pabrik tersebut mesti dapat diselesaikan dengan baik. Misalnya pembebasan tanah masyarakat yang terimbas mesti diberikan ganti untung sebagai kompensasi tanggung jawab perusahaan,” sebut T Sukandi.

Hal ini, tambah T Sukandi agar di kemudian hari tidak terjadi konflik sosial atau sengketa hukum antara masyarakat dan pihak PT KSI. Semua peserta konsultasi publik yang hadir, pungkas T Sukandi, pada dasarnya menerima rencana pendirian pabrik semen yang dikelola oleh PT KSI. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *