Kam. Mei 26th, 2022
Mendagri Minta Gubernur Ajukan Nama Calon Pj Bupati/Walikota

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik, meminta kepada para Gubernur yang masa jabatan Bupati/Walikota di daerahnya akan berakhir, untuk mengusulkan nama calon Penjabat (Pj) Bupati/Walikota. Permintaan tersebut disampaikan melalui Surat Nomor 131/2388/OTDA tertanggal 4 April 2022.

Salah satu Gubernur yang dikirim Surat tersebut adalah Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Hal ini terkait banyak Bupati/Walikota di Aceh yang akan berakhir masa jabatan pada tahun 2022.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan WWakil Walikota yang berakhir masa jabatannya sampai dengan tahun 2022, perlu diangkat Pj Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama,” tulis Akmal dalam Surat tersebut.

Dilanjutkan Akmal bahwa Gubernur diminta untuk mengusulkan 3 (tiga) nama calon Pj Bupati/Walikota sebagai bahan pertimbangan Mendagri untu menetapkannya. Mendagri memberi tenggat waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

Akmal menambahkan bahwa kriteria dan dokumen pendukung pengusulan Pj Bupati/Walikota adalah diantaranya pertama, menduduki jabatan tinggi pratama, kedua, memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan dibuktikan dengan riwayat jabatan.

“Poin ketiga adalah melampirkan SK pangkat dan jabatan terakhir serta biodata. Sementara itu poin keempat harus melampirkan SKP selama 3 (tiga) tahun terakhir sekurang-kurangnya mempunyai nilai baik,” pungkas Akmal seperti tertulis dalam Surat tersebut. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *