Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM. Sinabang – Sekitar 174 siswa-siswi SMA di Kabupaten Simeulue berhasil lolos masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, yang diumumkan secara nasional pada Selasa 29 Maret 2022.

Dari 26 SMA di Kabupaten Simeulue, hanya 3 SMA yang belum berhasil mengirim siswanya lulus melalui jalur SNMPTN.

Kelulusan melalui jalur SNMPTN bagi siswa pada 2022 mengalami peningkatan dan membanggakan, tercatat peningkatan tersebut 7% dari tahun sebelumnya, pada SNMPTN 2021 yang lalu hanya mencapai 163 siswa yang berhasil lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi nasional.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Kabupaten Simeulue, Al Amin SPd, melalui Kasubbag TU, Sri Mulyana SPd mengatakan hasil kelulusan siswa SMA pada jalur SNMPTN 2022 untuk Simeulue, mengalami peningkatan sebanyak 7 % dari hasil SNMPTN 2021 yang lalu.

“Alhamdulillah berkat pendampingan dan bimbingan guru terhadap siswa dalam pemilihan PTN dan jurusan sesuai dengan daya tampung yang tersedia dan juga kemampuan siswa, terbukti pada tahun ini kelulusan melalui jalur SNMPTN mengalami peningkatan sebanyak 7% dibandingkan dengan tahun 2021 yang lalu”. Jelas Sri Mulyana.

Lanjut Sri Mulyana, sebanyak 174 siswa-siswi SMA di Kabupaten Simeulue meraih kesempatan melanjutkan pendidikan mereka di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN 2022.

Sementara bagi siswa yang belum berkesempatan lolos SNMPTN masih ada kesempatan melalui seleksi SBMPTN yang akan dilaksanakan pada Mei nanti, dia juga menambahkan untuk target ketercapaian kelulusan di PTN jalur SBMPTN sebanyak 200 orang, tentu dengan berbagai usaha yang sudah dilakukan oleh berbagai pihak, Disdik Aceh, Cabdisdik Wilayah Simeulue, para pengawas sekolah pembina, kepala sekolah, guru dan juga semangat dari siswa sendiri.

Harapan kita semua bisa sukses target SBMPTN, sesuai komitmen 5 Aktifitas Utama Jardik Aceh,” tulis Sri Mulyana, melalui pesan WhatsAppnya kepada acehsiana.com, Rabu malam (30/3/2022).

Berikut sekolah yang meraih kelulusan terbanyak di Simeulue pada SNMPTN 2022, diantaranya SMAN 1 Sinabang 22 siswa, SMAN 2 Sinabang berhasil lolos 23 siswa, SMAN 1 Teupah Barat lulus 20 siswa, SMAN 1 Salang meraih kelulusan 14 siswa, SMAN 1 Simeulue Tengah dan SMAN 1 Alafan masing-masing berhasil meloloskan 11 orang siswanya. [*]

Kontributor : Alex Arao.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *