Jum. Agu 12th, 2022
Disdik Aceh Gelar Festival Literasi Sekolah, Ini Juaranya

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan (Disdik Aceh) melalui Bidang Pembinaan SMK menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK tahun 2022. Festival yang berlangsung pada tanggal 28 – 31 Maret 2022 tersebut ditutup secara resmi oleh Kepala Disdik Aceh, Drs Alhudri MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembinaan SMK, Dr Ir Muhibbuddin.

Menurut Muhibbuddin, FLS merupaka salah satu ajang yang tepat untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa. Kita, tambah Muhibbuddin, mengalami krisis literasi sehingga perlu upaya peningkatan.

“Budaya baca anak-anak kita dan bahkan termasuk kita masih rendah. Tidak mengherankan jika kita tertinggal menghadapi era digital yang terus berkembang pesat ini,” ujar Muhibbuddin.

Dikatakan Muhibbuddin, FLS digelar sebagai upaya untuk membudayakan dan meingkatkan kemampuan literasi siswa.

“Kita berharap FLS akan mampu menginspirasi siswa SMK Aceh untuk menjadikan dunia vokasi sebagai sandaran dalam menata masa depan. Tokoh-tokoh vokasi dan cerita vokasi yang ditampilkan peserta diharapkan mampu menjadi sumber inovasi dalam meningkatkan kreativitas anak Aceh.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh, Drs Imran yang menjadi coordinator dewan juri mengumumkan para juara FLS melalui tampilan video yang sangat menarik.

“Peserta FLS, selain berlomba juga kita latih pemanfaatan Canva bagi guru dan siswa. Mereka dilatih oleh trainer-trainer Canva dari IGI yang sudah memiliki sertifikat trainer Canva,” tutur Imran.

Adapun para juara FLS SMK tahun 2022 adalah sebagai berikut. Bidang Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi, juata I diraih oleh Shafa Naya Naysyila dari SMKN 1 Lhokseumawe, juara II diperoleh Muhammad Afif Abqori dari SMKN 2 Banda Aceh, dan juara III jatuh pada Firas Ahmadinejad dari SMKN 1 Bendahara Aceh Tamiang.

Bidang Lomba Sudut Baca Vokasi, juara I diraih oleh Dinda Rizki Fadila dari SMKN 1 Lhoksukon Aceh Utara, juara II diperoleh Dinda Safira dari SMKN Taman Fajar Aceh Timur, dan juara III jatuh pada Putri Ramadhani dari SMKN 3 Karang Baru Aceh Tamiang.

Bidang Lomba Cerita Vokasi Nusantara, juara I diraih oleh Furnama Sari dari SMKN 1 Takengon Aceh Tengah, juara II diperoleh Cut Nurul Aini dari SMKN 2 Langsa, dan juara III jatuh pada Uswatun Hasanah dari SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *