Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM – Jeunieb- SMKN 1 Jeunieb menggelar Sosialisasi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 Kabupaten Bireuen, di Aula SMK Negeri 1 Jeunieb, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan diikuti peserta Guru SMKN 1 Jeunieb, Hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen diwakili Kasubbag TU Drs. Jamaluddin M.Si.

Kepala SMK Negeri 1 Feri Irawan, S.Si.,M.Pd. menjelaskan, PGP merupakan program khusus pemerintah untuk para guru, sesuai surat edaran resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengenai rekrutmen calon guru angkatan angkatan 7 tentang penindaklanjutan peluncuran kebijakan merdeka belajar.

“Kebijakan PGP bertujuan untuk menghasilkan guru penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan di wilayahnya, yang kemudian menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila”, kata Feri Irawan kepada acehsiana.com


Lanjut Feri Irawan, adapun pada kesempatan ini kita menghadirkan 3 pemateri untuk sosialisasi guru penggerak angkatan ke-7 Bireuen. “Yang pertama adalah Ernawati, S.Si dari SMKN 1 Gandapura kedua Ridwab, S.Pd dari SMAN 3 Bireuen dan yang ketiga ialah Radhiah, S.Pd dari SMKN 1 Jeumpa. Dan diharapkan ketiga pemateri ini nantinya bisa menjadi motor penggerak guru profesional SMKN 1 Jeunieb,” tambahnya

Pada pagi hari ini kata Feri Irawan kita akan mendengarkan arahan dan juga pengalaman mereka tentang bagaimana cara mewujudkan dan apa itu guru penggerak.

Sementara itu salah satu pemateri sosialisai Calon Guru Penggerak Ernawati pada kegiatan ini menjelaskan, program guru penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran, program ini meliputi pelatihan dari lokakarya, konferensi dan pendampingan. Selama program berlangsung guru tetap menjalankan tugas mengajar sebagai guru di tempatnya.

“Untuk persyaratan umum menjadi guru penggerak di angkatan ke-7 adalah Guru PNS maupun non PNS baik dari sekolah Negeri ataupun Swata, Memiliki akun guru di data pokok pendidikan, Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4, Memiliki pengalaman minimal 5 tahun, memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun,” terang ernawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *