Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM – Jeunieb – SMK N 1 Simpang Mamplam pada hari Selasa tanggal 29 Maret 2022 melaksanakan Sosialisasi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini diikut sertakan seluruh guru SMK Negeri 1 Simpang Mamplam.

Kepala SMK Negeri 1 Simpang Mamplam Drs. Fadhli, MM dalam sesi membuka acara sosialisasi sangat berharap seluruh guru bisa ikut mendaftar program yang diluncurkan oleh pemerintah sesuai surat edaran resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengenai rekrutmen calon guru penggerakangkatan 7 tentang penindaklanjutan peluncuran kebijakan merdeka belajar. Kepala SMK negeri 1 Simpang Mamplam juga mengharapkan bahwa sebelum kurikulum merdeka ini di terapkan di semua sekolah semua guru sudah dibekali ilmu dari program pendidikan guru.

Selanjutnya Julaidar, S.Pd yang ikut terlibat sebagai narasumber sosialisasi menjelaskan bahwa Program guru penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Proses pendidikan guru penggerak meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Pelatihan daring dilaksanakan dengan perpaduan moda sinkron (pertemuan virtual) dan asinkron (mengakses materi atau mengerjakan tugas secara mandiri).

Lokakarya dilakukan satu kali setiap bulan di wilayah masing-masing, dengan dipandu oleh Pengajar Praktik. Topik lokakarya diselaraskan dengan pelatihan daring, sementara pada lokakarya ke-7 ada kegiatan berbagi praktik baik dengan mengundang para pemangku kepentingan di bidang pendidikan Kabupaten Bireuen.

Seminggu sebelum lokakarya, Pengajar Praktik akan berkunjung ke sekolah calon Guru Penggerak. Pendampingan individu ini bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya, serta berdialog untuk merefleksikan proses kemajuan yang telah dijalani.

Selain ilmu yang sangat bermanfaat guru penggerak akan mendapatkan surat tanda tamat pendidikan (STTP 310 JP) setelah dinyatakan lulus sebagai guru penggerak yang mana sesuai surat edaran menteri pendidikan pada tanggal 2 Mei menjelaskan bahwa guru yang telah menyelesaikan program pendidikan guru penggerak akan diprioritaskan sebagai kepala sekolah serta pengawas sekolah. Selain itu guru penggerak juga akan bisa mendaftr sebagai calon pengajar praktik ke depannya,,,,

Dengan adanya kegiatan sosialisasi guru penggerak angkatan 7 ini Drs. Fadhli, MM sangat berharap jika nanti di SMK Negeri 1 Simpang Mamplam akan banyak guru guru yang telah menyelesaikan pendidikan guru penggerak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *