Sen. Mei 23rd, 2022

ACEHSIANA.COM, Bireuen-SMK Negeri 1 Bireuen kembali menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Angkatan II Tahun 2022 pada hari Senin, 28 Maret 2022. Acara tersebut berlangsung di Lapangan SMK Negeri 1 Bireuen dan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang HUMAS, serta para Ketua Program Keahlian, dan Wali Kelas yang peserta didiknya akan melaksanakan PKL pada Angkatan ini.

Acara ini dilaksanakan untuk melepas secara resmi peserta didik yang akan melaksanakan kegiatan PKL, kegiatan PKL Angkatan ini berlangsung selama 3 (Tiga ) bulan, terhitung mulai tanggal 1 April s.d 30 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Fadhlon Kamal, ST selaku wakil kepala bidang HUMAS yang juga sebagai ketua pelaksana memberikan laporan bahwa pada angkatan ini sebanyak 116 orang peserta didik akan melaksanakan kegiatan PKL.
“Pada angkatan ini peserta didik yang akan melaksanakan PKL berasal dari 6 kompetensi keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKRO), Teknik Pengelasan (TLAS), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), Teknik Geomatika (TGEO), serta Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP). Tempat PKL pun tersebar di beberapa wilayah mulai dari Bireun, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Besar, dan Banda Aceh. Beberapa peserta didik akan melaksanakan PKL di beberapa perusahan besar seperti PT. Panasonic, PT. Dunia Barusa, PT. Honda Ariesta, PT. Capella Daihatsu dan PT, Mitsubishi.”
“Kami mengharapkan para peserta didik dapat terus meningkatkan kemahirannya baik soft skill maupun hard skill. Kejujuran, sikap yang baik dan disiplin yang tinggi merupakan modal yang sangat penting dalam melaksanakan PKL ini”. Ujar Fadlon menutup sambutannya.

Hal yang lebih kurang senada juga tertuang dalam arahan yang disampaikan oleh M. Yusuf, S.Pd. selaku kepala sekola menyampaikan bahwa
“Ini merupakan kegiatan wajib diikuti oleh para peserta didik yang akan melaksanakan PKL”. Ujar Yusuf membuka arahannya di depan para peserta tadi pagi.

Lebih lanjut Yusuf menegaskan bahwa bahwa kegiatan PKL merupakan bagian dari kurikulum yang wajib diikuti oleh setiap peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan.

“PKL ini juga sama dengan sekolah, peserta didik juga belajar, hanya saja tempatnya berada di luar lingkungan sekolah. Pada PKL inilah peserta didik belajar bagaimana mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di bangku sekolah. Peserta didik akan ditempa untuk beradaptasi dengan iklim dunia kerja sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya setelah lulus nanti, Oleh karena itu, laksanakan PKL ini dengan sungguh-sungguh, penuh komitmen, sehingga mampu mewujudkan lulusan SMK yang berkualitas, berkarakter dan berakhlak mulia dan mampu bersaing di bursa kerja.” Ujar Yusuf

Menutup arahannya Yusuf menyampaikan kepada para peserta didik untuk selalu menjaga nama baik pribadi, keluarga dan nama baik sekolah.

Acara dilanjutkan dengan penyematan badge tanda pengenal PKL secara simbolis kepada perwakilan masing-masing kompetensi keahlian. Penyematan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakabid Humas dan Ketua Program Keahlian.

Setelah sesi foto bersama, acara ditutup dengan pembacaan do’a. (*)

Kontributor: Safriana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *