Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM – Bireuen – Meurukon dari Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, raih juara pertama festival meurukon di Aula Hotel Fajar Bireuen, Sabtu 26 Maret 2022.

Festival mengusung tema “Revitalisasi Senin Meurukon Aceh”, juara I diraih Kecamatan Juli dengan dana pembinaan Rp7 juta, juara II Jangka hadiah Rp5,5 juta, juara III Simpang Mamplam hadiah Rp4,5 juta.

Selanjutnya juara harapan I diperoleh Kecamatan Peudada hadiah Rp2,5 juta, harapan II diraih Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, hadiah Rp1,5 juta dan masing-masing juga mendapat piagam penghargaan.

“Kami dari Disbupar Provinsi Aceh sangat mengharapkan agar festival meurukon ini dapat menjadi salah satu event budaya yang disukai oleh masyarakat milenial,” kata Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan Aceh, Nurlela Hamzah dikonfirmasice Sabtu malam 26 Maret 2022.

Karena seperti disampaikan seorang pemerhati budaya bahwa meurukon tadi, ada satu paradigma, meurukon ini budaya disukai generasi terdahulu. “Jadi harapan kita meurukon ini jadi seni budaya menarik dan disukai oleh anak-anak muda Aceh,” tutur Nurlela.

“Kita berharap pelestarikan seni tutur sangat relegius ini agar dapat terus berkembang di gampong-gampong dan tidak hilang karena ini memang sudah jadi warna dalam masyarakat Aceh,” imbuhnya.

Anggota Dr.H. Amiruddin Idris, SE, M.Si selaku Anggota Komisi VI DPR Aceh,Bidang Pendidikan kepada media mengharapkan, Disbudpar Aceh dapat menghidupkan kembali budaya Aceh bernuansa islami, religi, dan bersifat edukasi, pendidikan pelajaran bagi generasi yang sudah lama tinggal.

Melalui festival ini budaya Aceh dapat muncul kembali dan generasi kita sekarang ini tidak menyukai budaya tidak islami dari luar dan festival ini jadi bagian membangkitkan rasa cinta masyarakat dengan budaya Aceh.

“Saya bahagia sekali melihat tim dari Jangka anak-anak muda, yang susah kita cari sekarang ini anak muda yang suka meurukon, dengan festival ini kita revitalisasi/bangkitkan budaya Aceh,” ujar Amiruddin Idris

(Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *