Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM, Kuala Simpang – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rantau Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan workshop pemanfaatan Canva dalam pengembangan media pembelajaran.

Kegiatan workshop yang diikuti guru-guru SMA Negeri 1 Rantau di sekolah setempat berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26-28 Maret 2022 dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Aceh Tamiang, Sabtu (26/03).

Kepala SMA Negeri 1 Rantau, Dedi Kurniawan MPd dalam sambutannya menyampaikan, pada era globalisasi digitalisasi diharapkan guru bisa memanfaatkan dan bisa memberikan inovasi dalam menggunakan Informasi dan Tekhnologi (IT) untuk meningkatkan kompetensi dan profesional guru serta memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan.

“Pemanfaatan aplikasi Canva ini khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang baru pertama sekali digunakan oleh SMA Negeri 1 Rantau,” kata Dedi.

Dikatakannya, pemanfaatan aplikasi Canva ini antara lain, memperkenalkan Canva for education, dapat membuat akun Canva for education, meperkenalkan menu di Canva, membuat LKPD siswa dan membuat twibbonire PPDB.

Pada kegiatan workshop ini tambah Dedi, menghadirkan pemateri yang kompeten yang ahli dalam bidangnya, yaitu Asrizal Fauzi MPd dan Meyrhsal SPd MM.

“Diharapkan setelah mengikuti workshop selama tiga hari ini, semoga guru-guru SMA Negeri 1 Rantau dapat menerapkan aplikasi Canva untuk digunakan dalam membuat administrasi selain di sekolah ini bisa juga berbagi dengan guru-guru di sekolah lain,” pinta Dedi.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Kacabdin) Wilayah Aceh Tamiang, Bakhtiar MPd, dalam bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara workshop menyampaikan, pemanfaatan Canva dalam mengembangkan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Rantau diharapkan bisa menjadi pelopor untuk mengimbaskan ke forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Mengingat workshop pemanfaatan Canva khususnya di Aceh Tamiang baru SMA Negeri 1 Rantau pertama sekali mengenalkan aplikasi Canva itu dengan harapan, guru bisa membuat media pembelajaran yang memiliki identitas Khusus dimiliki oleh SMA Negeri 1 Rantau,” imbuh Bakhtiar.

Selain yang telah disebutkan tadi ujar Bakhtiar, ini sekaligus dalam upaya meningkatkan kompetensi, kreatifitas dan meningkatkan profesional guru dalam tantangan pada era digitalisasi. (*)

Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *