Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM. Sinabang – Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd, memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan guru dengan menggunakan aplikasi ala Meutuah Nanggroe.

Aplikasi itu menghadirkan Tim Dukungan Informasi dan Teknologi (IT) Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh dengan narasumber instukur nasional Direktorat SMA Kemdikbud Ristek, yaitu Khairudin MPd, Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli Aceh Utara dan Jon Abdi MPd, guru SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh.

Kata Al Amin, kami sangat bersyukur karena malalui kegiatan pelatihan ini sebanyak 35 orang guru Matematika di Kabupaten Simeulue memperoleh pembekalan tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Bidang Numerasi.

Ditambahkannya, pada hari kedua pelatihan narasumber yang tampil, Khairuddin memaparkan pemanfataan platform media pembelajaran berbasis numerasi menggunakan iSpring.

Al Amin berharap pelatihan ini benar-benar harus diikuti dengan serius agar nantinya diaplikasikan di sekolah masing-masing dan membantu guru-guru yang lain.

“Narasumber yang jauh-jauh telah datang ke Simeulue jangan pernah bosan untuk membantu guru-guru di kepulauan ini dengan berbagi ilmu dan terus menjalin komunikasi secara inten,” harap Al Amin.

Sementara salahseorang narasumber saat dihubungi media, Senin (21/03), Khairuddin menjelaskan, bahwa iSpring merupakan platform yang powerful bukan hanya menyusun soal, namun juga dapat dibuat menjadi media pembelajaran.

“Melalui powerpoint, iSpring dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan dapat dijadikan aplikasi serta buku digital. Output iSpring ke html5 membuat aplikasi yang dihasilkan dapat dibuka melalui browser dan sangat ringan,” jelasnya.

Media pembelajaran literasi numerasi sangat memungkinkan dibuat melalui iSpring. Selain komposisi jenis soal yang sangat AKM, pola penilaianpun dapat dibuat beragam.

Selain itu tambah Khairudin, hasil pelatihan ini dapat dimanfaatkan di sekolahnya untuk media pembelajaran, ujian semester, ulangan ala aplikasi Meutuwah Nanggroe yang dapat dilaksanakan dengan atau tanpa jaringan internet. []

Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *