Sel. Mei 24th, 2022

ACEHSIANA.COM – Bireuen – Menyikapi Pelaksanaan Penilain Kinerja Guru berdasarkan Permendikbud Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan pelaksanaannya dijabarkan dalam Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru Tahun 2010 (Buku 2), dan diperbaharui tahun 2016 yang mengatur Penilaian Kinerja Guru dengan pendekatan 360 derajat.

Kegiatan penilaian ini melibatkan tidak hanya kepala sekolah/penilai saja, namun ada pengisisan kuesioner dengan responden teman sejawat, peserta didik, orang tua peserta didik, dan dunia usaha/dunia industri bagi guru produktif di SMK. Selain itu kehadiran guru menjadi dasar penilaian kinerja guru.

Selanjunya dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Nomor 3 tahun 2021 Tentang Penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja PNS tahun 2021, MKKS SMK Kabupaten Bireuen mengadakan Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) 360 deajat dan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tahun 2022 sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS, Jum’at – Minggu (18-20/03/2022).

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di Aula SMKN 1 Bireuen, dan diikuti oleh Kepala SMK, Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, dan Kepala Tenaga Kependidikan SMK dalam wilayah Kabupaten Bireuen, dengan menghadirkan Narasumber Feri Irawan, S.Si.,M.Pd

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bireuen, M. Yusuf, S.Pd, sekaligus Kepala SMKN 1 Bireuen menyampaikan, Bimtek PK Guru 360 derajat dan penyusunan SKP terbaru tahun 2022 ini sangat penting dan ada perubahan dibanding PK Guru (Buku 2 tahun 2010) dan SKP sebelumnya berdasarkan PP 46/2011).

“Kami berharap para kepala sekolah, WKS bidang Akademik dan kepala Tendik dapat mengetahui dengan jelas cara penyusunan SKP yang baru ini sesuai dengan PP nomor 30 tahun 2019 yang baru,” ungkapnya.

Narasumber Feri Irawan, memaparkan tentang penilaian kinerja pada SE yang baru, di mana unsur-unsur objektifitas dan keterukuran, lebih akuntabel dan transparan serta lebih mencerminkan tentang realitas kinerja seorang PNS.

“PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS sebagai pengganti PP nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian prestasi Kerja PNS. Salah satu perubahan penting dari penilaian kinerja PNS berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2019 adalah bahwa penilaian kinerja wajib dilaksanakan dalam kerangka sistem manajemen Kinerja PNS yang terdiri dari Perencanaan Kinerja, Pelaksanaan, Pemantauan, dan pembinaan Kinerja, Penilaian Kinerja, serta Tindak Lanjut hasil penilaian kinerja, yang dikelola dalam suatu Sistem Informasi Kinerja,” paparnya.

Ditambahkannya, Khusus Penyusunan SKP Tahun 2021 dibagi atas dua periode, yaitu Periode Januari – Juni, yang tata cara Penyusunan SKP mengikuti ketentuan Perka BKN No. 1 tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP No. 46 Tahun 2011 tentang PPKPNS dan wajib ditetapkan paling lambat akhir Januari. Penyusunan kegiatan tugas jabatan dan target pada SKP periode ini mempertimbangkan kurun waktu penyelesaian/pencapaian sesuai periode dimaksud.

Sedangkan, pada Juli – Desember, tata cara Penyusunan SKP mengikuti ketentuan PP No. 30 tahun 2019 dan wajib ditetapkan paling lambat akhir Juli.

“Periode Januari-Juni, teknis penyusunan SKP dan format SKP berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. SKP ditetapkan paling lambat akhir Bulan Januari. Sedangkan periode Juli- Desember, teknis penyusunan SKP dan format SKP berdasarkan ketentuan pelaksanaan PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. SKP ditetapkan paling lambat akhir Bulan Juli,” terangnya.

Oleh karena itu, sambungnya, harus ada konversi nilai akhir untuk SKP bulan Januari-Juni, sebelum diintegrasi dengan periode Juli-Desember.

“Untuk SKP 2022, target dan pengukuranya tetap periode januari – desember 2022, yang formatnya mengacu kepada PermenPANRB 8/2021″,tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *