Kam. Mei 26th, 2022

Apesiasi merupakan bentuk penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu kepada diri sendiri maupun orang lain. Apresiasi dapat dilakukan dilakukan dengan mengamati, menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan melakukan implementasi atau penerapan.

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apresiasi bisa diartikan sebagai sebuah kesadaran akan nilai seni serta budaya. Kata ini juga bisa diartikan sebagai sebuah bentuk penghargaan atas sesuatu.
Pasca melakukan suatu pekerjaan akan ada dua hal yang dilakukan, yaitu evaluasi apabila ada kekurangan dan juga apresiasi bila ada kelebihan yang patut dipuji.

Apresiasi itu sendiri jika dilihat dari fungsi merupakan bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mendapatkan berbagai pengalaman yang berhubungan dengan bentuk apresiasi. Sebagian orang melakukan pekerjaan dengan ikhlas tanpa harus disuruh, walaupun itu merupakan tanggung jawab dia maupun bukan tanggung jawabnya.
Tentu saja sebagai manusia kita merasa senang jika orang lain secara positif memberikan apresiasi kepada apa yang kita lakukan, pasti rasanya akan sangat senang ketika orang lain menghargai dan juga memberikan apresiasi mereka kepada kita. Bahkan mungkin ketika anda peduli dengan seseorang, akan terasa sedikit sulit untuk menunjukkan perasaan seperti itu.

Kadang mungkin kita sibuk dengan kehidupan sehingga lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang yang kita kenal sebagai tanda untuk mengapresiasi mereka. Anda bahkan bisa mencoba untuk mulai mengucapkan terima kasih kepada orang dengan hal-hal yang sederhana dan juga simpel.

Tentu saja ketika orang lain berhasil melakukan sesuatu, mungkin rekan kerja di kantor anda atau mungkin bahkan teman anda, atau bisa jadi keluarga anda sendiri maka pasti anda akan ingin memberi mereka apresiasi. Untuk membuat mereka jadi lebih bersemangat lagi dan membuat mereka jadi lebih termotivasi maka anda bisa mengatakan kepada mereka bahwa kalian luar biasa.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk menjangkau orang yang mungkin anda sayangi atau orang lain dan menunjukkan apresiasi anda kepada mereka. Cara memberikan apresiasi kepada orang lain adalah mungkin dengan bicara ramah kepada mereka dan memberikan perhatian.

Jangan sampai orang mengungkapkan, betapa mahalnya sebuah nilai yang namanya apresiasi dan tidak semua orang memiliki itu. Seandainya semua orang bisa mengapresiasi sekecil apapun yang dilakukan oleh orang lain, apakah dia tahu dia telah memberikan dampak yang besar bagi orang tersebut. []

Oleh: Fitriadi, S.Pd.I., M.Pd
Sekwil IGI Provinsi Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *