Sen. Mei 23rd, 2022
SMKN 1 Al Mubarkeya Gelar Webinar Vokasi Berbasis Industri

ACEHSIANA.COM, Aceh Besar – SMKN 1 Al Mubarkeya menggelar Web Seminar (webinar) Pendidikan Vokasi berbasis industri. Webinar bertajuk Budaya Kerja ini merupakan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh berlangsung pada Jumat (18/3) menggunakan zoom meeting.

Bertindak sebagai narasumber, Dr.H Aliamin, SE, M.Si, AK, CA yang merupakan Dekan Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh serta Anas, SAg, MA dan Lidaryati, SPd yang merupakan guru SMKN 1 Al Mubarkeya.

Webinar ini dilatarbelakangi bagaimana pengelola pendidikan menengah kejuruan berperan dalam menyiapkan lulusannya lebih kompetitif, agar dapat bersaing dan berkompetisi dalam memasuki dunia kerja.

Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya Sukmanil Fuadi, SAg, MPd dalam sambutannya menjelaskan, lulusan pendidikan menengah kejuruan sedini mungkin perlu menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan.

“Menyiapkan masa depan haruslah direncanakan dari sekarang, dan salah satu bekal yang perlu disiapkan adalah pendidikan, sebab pendidikan adalah paspor untuk menuju masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sukmanil menjelaskan pelaksanaan kegiatan web seminar ini tentunya diharapkan dapat memberi pandangan baru mengenai dunia kerja dan dunia pendidikan vokasi.

Sementara itu Aliamin menyampaikan, bekal utama yang perlu disiapkan lulusan pendidikan menengah kejuruan saat ini bukan hanya sekadar keterampilan kasar (hard skill) tapi perlu juga dibarengi oleh keterampilan halus (soft skill) seperti mental dan sikap, terutama budaya kerja yang berbasis industri.

Webinar diikuti kurang lebih 150 peserta, terdiri dari Kepala dan guru SMK serta pengelola pendidikan lainnya. Kegiatan ini dipandu oleh Andika Akbar, ST, sebagai moderator. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *