Jum. Agu 19th, 2022
SMKN 1 Julok Praktek Budidaya Artemia Menggunakan Botol

ACEHSIANA.COM, Idi – SMKN 1 Julok, Aceh Timur, melakukan budidaya pakan artemia menggunakan botol. Praktek pembuatan artemia menggunakan botol tersebut dilakukan pada Rabu (16/3) di SMKN 1 Julok.

Ketua Jurusan Perikanan SMKN 1 Julok, M Nasir SPi menjelaskan bahwa artemia merupakan pakan alami yang banyak digunakan dalam usaha pembenihan ikan dan udang. Pakan ini, tambah Nasir, banyak kandungan nutrisinya yang baik untuk ikan.

“Jenis pakan alami yang diberikan pada ikan seharusnya disesuaikan dengan stadia yang berhubungan dengan ukuran ikan. Dengan demikian maka akan terdapat klasifikasi jenis pakan alami yang diberikan,” ujar Nasir.

Dikatakan Nasir bahwa kegiatan tersebut di bimbing langsung oleh guru-guru terbaik di jurusan Perikanan bersama dengan sejumlah siswa kelas X Kompetensi Perikanan.

“Tujuan dari praktek ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kerja khususnya siswa yang mengambil kompetensi perikanan mengenai teknik budidaya artemia salina dengan memadukan pengetahuan dan teori yang diperoleh di ruang belajar dengan kenyataan praktek langsung,” sebut Nasir.

Nasir yang merupakan satu-satunya guru PNS pada Jurusan tersebut menambahkan bahwa Artemia merupakan pakan alami yang sangat penting dalam pembenihan ikan laut, krustacea, ikan konsumsi air tawar dan ikan hias, selain jenis makanan hidup lain seperti cacing sutra, kutu air, dapnia magna, hingga jentik nyamuk.

“Hal ini terjadi karena Artemia memiliki nilai gizi yang tinggi, serta ukuran yang sesuai dengan bukaan mulut hampir seluruh jenis larva ikan. Artemia dapat diterapkan di berbagai pembenihan ikan dan udang, baik itu air laut, payau maupun tawar,” tutur Nasir.

Salah seorang siswa, Raisa mengaku senang dapat mengikuti praktek langsung bagaimana budidaya Artemia dengan alat seadanya.

“Kami dapat mengaplikasikan teori-teori di kelas dengan praktek langsung, kalau bingung dapat bertanya langsung kepada guru-guru kami sewaktu praktek,” papar Raisa. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *