Jum. Agu 12th, 2022
Mobile Training Unit Diharapkan Mampu Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Pelatihan mobile training unit (MTU) yang dilaksanakan oleh Dinas Penddikan Aceh diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa SMK. Harapan tersebut disampaikan Kepala SMKN 6 Lhokseumawe, Azmi Saputra SPd pada penutupan pelatihan MTU di SMKN 6 Lhokseumawe pada Kamis (17/3).

Menurut Azmi, MTU merupakan program Dinas Pendidikan Aceh dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa SMK se-Aceh.

“Terdapat 4 kompetensi pada pelatihan MTU III ini yaitu Teknik Mesin Kapal, Teknik Otomotif, Teknik Sepeda Motor, dan Welding. Peserta terdiri atas siswa SMKN 6, SMKN 4, dan SMKN 7 Lhokseumawe, serta SMKS Beringin dan SMKS IT Tabina,” ujar Azmi.

Dikatakan Azmi bahwa pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 5 – 17 Maret 2022 dengan jumlah peserta 60 siswa. Mereka, lanjut Azmi, dibagi dalam 4 kelas sesuai keahlian.

“Siswa kita dilatih oleh instruktur dari Dinas Pendidikan Aceh dengan harapan memperkaya kompetensi siswa SMK yang terbatas peralatan praktiknya,” sebut Azmi.

Azmi menambahkan bahwa dengan pola 80% praktik dan 20% teori selama 13 hari pembelajaran, diharapkan siswa SMK mampu menciptakan life skill dan soft skill siswa.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi SPd yang diwakili oleh Kasubag TU, Jamaluddin SPd MM, mengatakan bahwa bekal yang di dapatkan selama 13 hari belum seberapa.

“Baru sedikit ilmu yang diperoleh untuk sukses. Teruskan belajar menggali potensi diri dan mengimplementasikan apa yg telah di dapatkan,” tutur Jamaluddin.

Lebih lanjut Jamaluddin menuturkan bahwa belajar itu bisa di mana saja dan kapan saja. Bahkan, tutup Jamaluddin, handphone yang selalu digunakan itu dapat menjadi pustaka digital. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *