Jum. Agu 19th, 2022
Hasilkan Lulusan Kompeten, SMKN 8 Lhokseumawe Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Guna menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Farmasi dan Teknologi Laboratorium Medik, SMKN 8 Lhokseumawe menggelar Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa. Uji kompetensi tersebut berlangsung pada tanggal 14 – 17 Maret 2022 di SMKN 8 Lhokseumawe.

Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi, yang diwakili oleh Kasubbag TU, Jamaluddin SPd MM, menjelaskan bahwa para siswa yang akan mengikuti uji sertifikasi profesi memiliki hard skill dan soft skill.

“Skill tersebut adalah para lulusan SMK harus mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki keahlian digitalisasi revolusi industri 4.0. Lulusan SMK juga harus memiliki kompetensi kreatif, kolaboratif, dan komunukatif,” ujar Jamaluddin.

Kepala SMKN 8 Lhokseumawe, Salma SSi menegaskan bahwa uji sertifikasi profesi tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa SMK setelah menempuh pendidikan di SMK.

“Kami berharap para siswa nantinya dapat mengikuti dengan baik dan memperoleh predikat kelulusan yang kompeten di bidangnya, masing-masing. Para siswa juga harus dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh,” sebut Salma.

Dikatakan Salma bahwa saat ini banyak alumni SMKN 8 Lhokseumawe yang sudah bekerja di rumah sakit, puskesmas, apotik, serta beberapa tempat lainnya. Siswa SMKN 8 Lhokseumawe juga banyak yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta sesuai kompetensi keahlian masing-masing.

Uji Sertifikasi Kompetensi bagi siswa kelas XII tersebut diikuti oleh 88 siswa dengan rincian program keahlian Farmasi 62 orang  dan Teknologi Laboratorium Medik 26 orang.

SMKN 8 Lhokseumawe sebagai salah satu sekolah yang bergerak di bidang keahlian kesehatan dan pekerjaan sosial.  Uji sertifikasi kompetensi tersebut kerjasama antara SMKN 8 Lhokseumawe dengan LSP P3 yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Asisten Tenaga Kesehatan (LSP ASNAKES Indonesia) yang berkantor pusat di Surakarta, Jawa Tengah. LSP ASNAKES Indonesia adalah Lembaga Sertifikasi Profesi yang mendapatkan mandat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi di bidang kesehatan di Indonesia. Sertifikat kompetensi  siswa yang di keluarkan nantinya dapat berlaku untuk kawasan se- Asia Tenggara.

 Tim penguji uji sertifikasi kompetensi adalah asesor-asesor yang sudah  memiliki kode registrasi asesor/ sertifikat sesuai dengan kompetensi keahliannya masing-masing  yang di keluarkan oleh LSP Asnakes Indonesia. Dalam hal ini asesor-asesor yang sudah di uji oleh LSP wajib mengikuti uji kompetensi kembali sebagai asesor dalam skala waktu 3 tahun sekali. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *